Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Brebes, Puluhan Rumah di Kuningan Rusak

BNews—JATENG—Puluhan rumah warga di Kabupaten Kuningan mengalami kerusakan akibat gempa. Berkekuatan magnitudo 4,2, yang berpusat di darat 28 km barat daya Kabupaten Brebes, Jumat (11/12/2020) sekitar pukul 05.51 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Indra Bayu mengatakan, menurut data sementara ada 23 rumah rusak. Dengan kategori rusak sedang 4 unit dan 19 rusak ringan.

”Adapula dua unit fasilitas umum yang rusak ringan yakni gedung Puskesmas dan Posyandu di Desa Cipondok. Hingga kini kita masih melakukan pendataan kemungkinan masih ada rumah warga lainnya yang mengalami kerusakan,” katanya, dikutio dari Tribuncirebon.com.

Dia menjelaskan, BPBD setempat juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait pascagempa. Gempa tersebut dirasakan di beberapa wilayah selama 20 detik khususnya di Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Brebes melaporkan guncangan gempa dirasakan lemah oleh masyarakat. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa di wilayahnya.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebut, gempa tersebut merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas Sesar Brebes. Hal tersebut dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

”Jalur Sesar Brebes ini di peta terletak di sebelah barat daya Kota Brebes yang struktur sesarnya memanjang sekitar 22 kilometer berarah barat-timur, memiliki magnitudo tertarget 6,5. Sesar ini merupakan bagian dari Baribis-Kendeng Fold Thrust Zone,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: