HARI INI !!! Festival Lima Gunung 2022 Dimulai Di Kaki Gunung Andong Magelang, ini Jadwalnya

BNews–MAGELANG-– Festival Lima Gunung merupakan ajang pertemuan masyarakat pegiat seni penghuni lereng Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan pegunungan Menoreh.

Di tahun 2022, kegiatan rutin tahunan tersebut mulai digelar hari ini, Jumat (30/9/2022). Acara tersebut dilaksanakan di Dusun Mertan Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Dan kali ini Festival Lima Gunung (FLG) merupakan yang ke XXI atau 21. Dengan mengangkat tema “Wahyu Rumagang”.

Acara tersebut akan dimulai tanggal 30 September 2022 sampai dengan tanggal 2 Oktober 2022 mendatang.

Kadus Mantran Wetan Handoko mengatakan sekarang pemerintah sudah memberi kelonggaran (aktivitas warga setelah pandemi COVID-19 melandai, red.)  “Sehingga kegiatan bisa dilaksanakan dengan meriah, dengan pentas-pentas kesenian,” ujar dia.

Ia juga menyebut pentingnya tema Festival Lima Gunung tahun ini, “Wahyu Rumagang”. Bagi warga setempat karena ‘wahyu’ diartikan sebagai keberuntungan dan kebahagiaan. Sedangkan ‘rumagang’ sebagai bangkit untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Dalam FLG XXI di Dusun Mantran Wetan ini tidak jauh dari Gunung Andong. Sebuah panggung seni tampak berlatar belakangkan Gunung Andong.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dalam acara tersebut juga akan ada pameran Seni rupa. Serta ada sejumlah pementasan kesenian siang dan malam.

Mulai kesenian topeng ireng, jaran kepang papar, kuda lumping, dan masih banyak lagi. Jadwal lengkap di gambar terlampir.

JADWAL :

(*)

BACA BERITA LAIN DI GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: