Hari Wayang Nasional 7 November, Ini Sejarahnya

BNews—NASIONAL— Setiap hari ada momen peringatan, tak terkecuali tanggal 7 November 2021 yang menjadi sejarah Hari Wayang Nasional dan Dunia. Seperti diketahui bahwa wayang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia.

Adapun sejarah Hari Wayang Nasional dan Dunia berawal dari peninggalan bangsa tersebut menjadi aset budaya nasional yang memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa Indonesia.

Wayang sendiri merupakan produk budaya yang mengandung nilai-nilai kehidupan. Seperti pelajaran, fatwah, dan simbol-simbol yang menjadi nilai hidup dan moral bangsa Indonesia, utamanya bagi masyarakat Jawa.

Tak hanya sampai di situ, wayang pernah dikukuhkan sebagai Daftar Representasi Budaya Takbenda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada 7 November 2013.

Pengakuan internasional tersebut memberikan arti tersendiri kepada bangsa Indonesia untuk meningkatkan citra positif dan martabat bangsa serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan terhadap wayang.

Oleh sebab itu, pemerintah menetapkan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional. Sebagaimana disahkan dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 30 Tahun 2018 tentang Hari Wayang Nasional.

Kepres tersebut ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 17 Desember 2018. Dengan demikian, Hari Wayang Nasional dimulai pada 7 November 2019. (*)

Sumber: Berita DIY

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: