Simak, Berbagai Peristiwa Yang Terjadi Pada 18 Agustus

BNews—NASIONAL—Serangkaian peristiwa pernah terjadi pada 18 Agustus di berbagai belahan dunia, dari tahun ke tahun. Sejumlah peristiwa tersebut, diantaranya menjadi catatan penting bahkan menjadi sejarah.

Peristiwa bersejarah yang terjadi pada 18 Agustus diantaranya yakni Soekarno dilantik sebagai presiden pertama Indonesia. Pelantikan terjadi pada 18 Agustus 1945 dan merupakan salah satu peristiwa bersejarah bagi Indonesia.

Selain Soekarno yang dilantik menjadi presiden, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya. Berikut ini berbagai peristiwa yang terjadi pada 18 Agustus dari tahun ke tahun, yang dirangkum Borobudur News dari berbagai sumber.

1304

Pasukan Kerajaan Prancis berhasil mengalahkan pasukan Flandaria dalam Pertempuran Mons-en-Pevele di Mons-en-Pevele, Flandaria. Pertempuran itu dipicu keinginan Raja Prancis untuk membalas dendam atas kekalahannya dari Flandaria pada Pertempuran Golden Spurs, dua tahun sebelumnya.

1487

Pengepungan Kota Malaga di Spanyol yang dilakukan pasukan Kerajaan Kastilia dan Kerajaan Aragon berakhir. Setelah melakukan pengepungan selama hampir dua pekan, pasukan Kerajaan Kastilia dan Pasukan Kerajaan Aragon berhasil merebut Kota Malaga dari cengkeraman Keamiran Granada.

1868

Pierre Jules César Janssen merupakan seorang astronom Prancis. Ia bersama dengan ilmuwan Inggris Joseph Norman Lockyer, diakui sebagai penemu gas helium.

1877

Asaph Hall seorang ahli astronomi berkebangsaan Amerika yang terkenal dalam penemuan Bulan Mars (yang bernama Deimos and Phobos) pada tahun 1877. Dia menemukan orbit satelit dari planet lain dan dari bintang ganda, rotasi Saturnus, dan massa Mars.

1940

Pertempuran antar-pesawat tempur yang melibatkan pasukan Inggris dan pasukan Jerman meletus di Selat Inggris. Pertempuran terjadi setelah pemimpin Jerman Adolf Hitler memerintahkan pasukannya menyerbu Inggris melalui serangan udara.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

1945

Sehari setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). UUD 1945 merupakan konstitusi pemerintahan Indonesia yang berlaku hingga kini.

Selain itu, Soekarno dilantik sebagai presiden pertama Indonesia. Soekarno menjabat sebagai presiden Indonesia hingga 12 Maret 1967.

1971

Australia dan Selandia Baru memutuskan menarik semua pasukan mereka dari Vietnam. Peristiwa itu sekaligus mengakhiri keterlibatan Australia dan Selandia Baru pada Perang Vietnam.

2005

Pemadaman listrik terjadi di seluruh wilayah di Pulau Jawa dan Pulau Bali secara bersamaan. Sekitar 100 juta orang di Pulau Jawa dan Pulau Bali tak dapat menggunakan listrik selama tujuh jam.

2013

Sebanyak 10.000 orang Suriah melintasi perbatasan negara mereka demi mengungsi ke Irak. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: