HEBAT !! Anak Pedagang Lotek Lolos SBMPT Kedokteran UGM Jogja

 BNews–JOGJA- Banyak pelajar lulus SMA sederajat memimpikan lolos SBMPTN 2021. Termasuk salah satunya gadis bernama Fadila Putri Fatihah atau yang akrab dipanggil Puput.

Bahkna, Puput berhasil mendapatkan dua nilai sempurna di UTBK SBMPTN 2021, yakni di subtes Matematika dan Kimia.

Berkat kerja kerasnya, Puput pun berhasil masuk jurusan Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM). Keputusannya memilih jurusan Kedokteran baru ia tetapkan dalam satu tahun terakhir karena adanya pandemi COVID-19.

“Sebenarnya dulu cita-citaku bukan mau jadi dokter, tetapi semenjak pandemi dan membaca cerita perjuangan para nakes, aku kagum dan pengen meneruskan perjuangan mereka gitu. Selain itu, di keluargaku belum ada yang ‘nyemplung’ ke dunia kesehatan. So, aku ingin jadi dokter pertama yang membanggakan dan mengangkat derajat orang tuaku,” ungkap dia dikutip Detik edu (22/6/2021).

Puput mengaku kagum terhadap perjuangan para tenaga kesehatan di tengah pandemi. Ia pun ingin meneruskan perjuangan tersebut dan membanggakan orang tuanya.

Lebih lanjut, gadis kelahiran 25 April 2003 ini mengaku kaget saat mengetahui nilai UTBK SBMPTN miliknya sempurna. Sebab, ia sempat kurang yakin usai mengerjakan soal SBMPTN 2021. Namun, ia telah menduga nilai tertinggi yang bakal ia peroleh berasal dari subtes matematika dan kimia.

“Saat selesai mengerjakan tes UTBK, aku emang lebih percaya diri di subtes TKA, terutama kimia dan matematika karena merasa lancar pas mengerjakan. Jadi, waktu ngecek skor, aku sudah tebak kalau kimia sama matematika yang tertinggi,” kisah dia.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Walaupun sukses mendapatkan jurusan yang ia impikan dengan nilai sempurna, Puput ternyata pernah ditolak undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kala itu, ia memutuskan untuk memilih jurusan Gizi Kesehatan di UGM dan enggan memilih Kedokteran.

Namun, ia justru ditolak masuk SNMPTN. Lulusan SMAN 5 Yogyakarta ini pun langsung belajar lebih giat lagi demi mendapatkan jurusan yang diinginkan di SBMPTN 2021.

“Nggak berani (pilih kedokteran di SNMPTN). Aku kemarin milih Gizi Kesehatan-UGM, satu fakultas sama kedokteran. Sudah mikir, nggak apa-apa nggak masuk Kedokteran, masuk fakultasnya aja sudah senang. Tapi ternyata rencana Allah lebih hebat lagi, karena nggak lolos itu aku jadi lebih ngegas belajarnya,” terang dia.

Puput sendiri merupakan pendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) di SBMPTN 2021. Ia berharap bisa lolos dalam seleksi tersebut sehingga bisa meringankan biaya kuliah. Pasalnya, Ibunda Puput berprofesi sebagai pedagang lotek atau gado-gado.

“Saya juga masih berharap lolos seleksi KIP-K. Supaya ngeringanin biaya, karena ibu saya cuma jualan lotek gado-gado,” tutup dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: