Heboh Asap Misterius Keluar Dari Tanah, Ternyata Ini Faktanya

News—JATENG— Kemunculan asap dari dalam tanah pekarangan warga RT03 RW09 Kelurahan Popongan, Kecamatan Karanganyar Kota, Sunarso membuat gempar lingkungan sekitar. Sempat dikira kebocoran gas alam, ternyata asap itu efek korsleting kabel tanam milik PLN. 

Kepulan asap semula keluar dari satu lubang. Namun lama kelamaan melebar hingga membuat warga sekitar panik. Kondisi tersebut berlangsung selama dua pekan terakhir. 

”Malah yang tahu pertama kali para tetangga. Saya sendiri tidak paham mengapa muncul asap dari dalam tanah. Orang-orang bilang itu bahaya. Gas alam. Tapi tidak tercium bau belerang atau sejenisnya,” kata Sunarso, Selasa (5/12)

Kemunculan asap misterius menjadi tontonan gratis warga. Sampai akhirnya, polisi mendatangi lokasi.

Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga menyertainya. Aparat selain menanyai pemilik pekarangan juga menyisir sumber asap.

”Supaya jelas, kami mendatangkan personel BPBD,” kata Kapolsek Karanganyar Kota AKP Ridwan.

Berdasarkan keterangan Sunarno, ia pernah mengupah seorang membersihkan pekarangan. Saat itu, buruh tersebut tersengat listrik ketika tangannya menyentuh tanah basah. 

Loading...

Permukaan tanah di area keluar gas juga panas. Maka pihaknya memanggil PLN untuk memeriksa sambungan listrik yang ada di samping rumah Sunarso.

”Setelah ditelusur, ternyata asap misterius yang keluar dari dalam tanah itu berasal dari ground listrik yang ada di rumah Sunarso,” papar Ridwan.

Asap misterius yang keluar, ungkap Ridwan, berasal dari kabel listrik yang sudah mengelupas. Di mana, kabel yang mengelupas itu masuk ke dalam tanah.

Karena itulah asap keluar dari dalam tanah karena pengaruh listrik. ”Langsung dicek sama PLN dan dibenarkan saat itu juga. Sekarang sudah beres dan tidak keluar lagi asap misterius,” terangnya. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: