Hiiii….Lockdown Desa di Sukoharjo Dijaga Dua Pocong

BNews–SUKOHARJO– Viral foto dua pocong jadi-jadian menjaga pintu masuk sebuah dusun di Kabupaten Sukoharjo kemarin (30/3/2020). Dalam foto tersebut tampak dua pocong palsu duduk di bangku panjang tepat di depan gapura kampung.

Informasi yang dihimpun, lokasi foto tersebut berada di Sukoharjo Jawa Tengah. Dimana dusun ini memutuskan melakukan lockdown atau isolasi mandiri.

Tujuannya penutupan akses itu untuk menghindari penularan Covid-19. Mereka berupaya mengurangi mobilitas warga dengan menugaskan dua orang menjadi pocong jadi-jadian di pintu masuk.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Angko mengatakan sosok pocong ini dapat mengingatkan orang-orang kepada kematian. “Pocong itu mengingatkan kita pada kematian manusia. Jadi siapa saja yang ngeyel dan tidak bisa ikut mencegah penyebaran virus corona ini ya bisa saja akan dipocong alias mati,” katanya.

Pocong jadi-jadian ini ditugaskan pada malam hari saja. Saat siang, warga menjaga pintu masuk tanpa kostum pocong.

“Agar tak sembarangan orang bisa masuk ke dusun tersebut, pocong jadi-jadian akan memeriksa orang yang hendak lewat. Selain itu, warga diwajibkan menunjukkan tanda pengenalnya,” imbuhnya.

Disebutkannya, bahwa aksi ini merupakan gotong-royong warga melawan corona dari tingkat bawah. Pihaknya dengan swadaya lingkungan masing-masing dengan cara mengisolasi diri.

Loading...

“Saya berharap dengan cara seperti ini, warga tidak lagi bepergian atau keluyuran di tengah penyebaran virus. Dan semoga wabah ini lekas berakhir,” harapnya. (*/ahg)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: