IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

HORE..Puskesmas Salaman Naik Status jadi Rumah Sakit

BNews—SALAMAN—Pelayanan kesehatan di Kabupaten Magelang terus ditingkatkan. Salah satunya dilakukan di wilayah Kecamatan Salaman yang merubah fungsi Puskesmas I Salaman menjadi Rumah Sakit Umum.

Keputusan peningkatan status itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Retno Indariastuti saat mendampingi Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang, kemarin. Menurutnya peningkatan status ini sebagai bentuk penambahan layanan kesehatan di Magelang khususnya wilayah selatan.

“Peningkatan status Puskesmas 1 Salaman yang rawat inap (bangunan lama) menjadi Rumah Sakit Bukit Menoreh. Sedangkan yang rawat jalan sudah dipindah di lokasi gedung yang baru. Adapun lokasi lama akan dibangun rumah sakit,” ucap Retno,

Dari data yang dipaparkan dalam kegiatan tersebut, Rumah Sakit Bukit Menoreh berdiri di atas lahan 17.270 meter persegi, merupakan rumah sakit kelas D. Dengan estimasi anggaran Rp 158 milyar yang masih berupa masterplan.

“Saat ini baru selesai studi kelayakan oleh pihak ketiga. Hasilnya letak rumah sakit sangat strategis, untuk pelayanan kesehatan masyarakat Magelang barat. Termasuk masyarakat Kepil Wonosobo dan Kaligesing Purworejo,” papar Retno.

Dalam kesempatan tersebut, Komisi 4 DPRD Kabupaten Magelang, yang membidangi kesejahteraan sosial, diketuai oleh Syukur Akhadi (PKB), mengatakan, pembangunan rumah sakit tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap pelayanan kesehatan masyarakat.

Selama ini dalam kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Salaman sekitar dan masyarakat Kabupaten Magelang pada umumnya lebih mengandalkan rumah sakit di Kota Magelang.

“Dengan adanya pembangunan rumah Sakit Bukit Menoreh ini, kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat dapat terpenuhi,” harapnya. (her/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: