Hujan Angin di Magelang Sebabkan Pohon Tumbang Hingga Belasan Rumah Rusak

BNews—BOROBUDUR— Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi hampir merata di Kabupaten Magelang mengakibatkan pohon tumbang di beberapa wilayah, Minggu (26/1). Kecamatan Pakis menjadi daerah paling parah terdampak bencana hujan angin diikuti Kecamatan Borobudur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang, Edy Susanto menjelaskan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi sejak pukul 12.00 WIB. Pada beberapa wilayah, hujan disertai dengan angin kencang. Tidak sedikit pohon tumbang menyebabkan akses jalan tertutup hingga atap rumah berhamburan.

”Laporan yang diterima, ada dua wilayah terdampak hujan angin hingga menyebabkan pohon tumbang, yakni Kecamatan Borobudur dan Pakis,” kata Edy, Minggu (26/1).

Jelas dia, tercatat ada tiga desa di Kecamatan Borobudur yang terjadi pohon tumbang. Diantaranya Dusun Tamanan, Desa Borobudur terjadi pohon tumbang hingga menutup jalan akses. Dusun Kurahan, Desa Karangrejo  pohon tumbang mengenai jaringan listrik.

”Kemudian pohon tumbang di Dusun Kedungregit, Desa Tegalarum menimpa rumah Amin Fauzi, 45. Sehingga masyarakat segera melakukan kerja bakti serta menutup sementara  atap rumah dengan terpal,” ujarnya.

Dampak pohon tumbang di Desa Pakis, Kecamatan Pakis, yakni Dusun Pakis Tengah dan Pakis Kidul tak kalah parah. Selain menutup akses jalan, hujan disertai angin kencang mengakibatkan 18 rumah rusak ringan termasuk satu fasilitas umum.

”Semua sudah terkendali. Penanganan pohon tumbang sudah dilakukan BPBD, relawan dan warga. Sementara jaringan listrik yang terputus sudah ditangani PLN,” pungkas Edy. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: