Ini Harapan PD Muhammadiyah Magelang Usai 50 DPRD Dilantik

BNews—MUNGKID—PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang menyampaikan selamat atas dilantiknya 50 anggota DPRD Kabuapten Magelang, kemarin (26/8). Sejumlah harapan disampaikan.

“Menjalankan fungsi wakil rakyat, anggota DPRD harus konsisten terhadap sumpah jabatan,” ungkap Sekretaris Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Sigit Pri Atmaji.

Proses panjang yang telah  dijalani melalui tahapan pemilihan umum beberapa waktu yang lalu diharapkan mampu menghasilkan wakil rakyat yang terbaik. “Masyarakat Kabupaten Magelang mempunyai harapan besar terhadap keberadaan wakil – wakilnya di DPRD, mengingat lembaga perwakilan ini memiliki posisi penting dan strategis dalam menentukan masa depan daerah melalui fungsi yang dimilikinya,” papar Sigit.

Dijelaskan bahwa fungsi DPRD mulai dari legislasi yakni kewenangan membuat produk hukum berupa peraturan daerah (perda) bersama pemerintah, fungsi anggaran yakni kewenangan memberikan persetujuan atas setiap alokasi dan penggunaan keuangan daerah. “Kemudian fungsi pengawasan yakni mengawasi pelaksanaan kebijakan, perda dan juga penggunaan keuangan daerah. Fungsi-fungsi tersebut harus dijalankan dalam kerangka representasi dari kepentingan masyarakat yang telah memberikan mandat perwakilannya,” terangnya.

Loading...

Kalimat yang diikrarkan melalui sumpah jabatan harus mampu diimplementasikan dalam setiap kerja serta pengabdiannya sebagai wakil rakyat. Beberapa hal yang telah diikrarkan antara lain adalah komitmen akan menjalankan tugas dengan baik dan adil, komitmen bekerja dengan sungguh-sungguh serta mengutamakan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi maupun golongan. Kemudian juga kominten dalam memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakilinya.

“Setiap anggota DPRD harus benar – benar konsisten terhadap setiap kalimat sumpah jabatan yang telah diikrarkan, jangan sampai sumpah jabatan hanya menjadi formalitas semata“ tegasnya.

BACA JUGA : MAKANA HLOBIS KUNTUL BARIS DALAM PIDATO OLEH KETUA DPRD KABUPATEN MAGELANG

Selain itu, Sigit juga mengingatkan terhadap janji – janji pada saat kampanye dimana akan selalu membela kepentingan rakyat  harus mampu dilaksanakan dan dibuktikan dalam setiap proses pengambilan kebijakan nantinya. “Oleh karenanya awal kerja dan pengabdian melalui pelantikan ini adalah momentum yang baik bagi semua anggota DPRD,” ingatnya.

“Silahkan membuktikan bahwa yang telah terpilih dan dilantik ini adalah merupakan pilihan terbaik, pembuktiannya antara lain dengan adanya sikap yang konsisten terhadap sumpah jabatan dan juga melaksanakan setiap janji-janji kampanye yang telah disampaikan,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: