Ini Sosok yang Disemayamkan di Puncak Gunung Sumbing

BNews—KALIANGKRIK— Di balik keindahan Gunung Sumbing yang membentang diantara Kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo menyimpan banyak sejarah bagi masyarakat sekitar. Salah satunya dengan adanya sebuah makam yang terletak dikawah gunung.

Siapa empunya makam ? Dari berbagai kisah warga, orang yang disemayamkan di makam itu adalah Ki Ageng Makukuhan.

Ki Ageng disemayamkan di puncak Gunung Sumbing Di ujung timur di bawah tebing bebatuan. Di lokasi makam terdapat sebatang pohon Endong Wulung dan sebatang lagi pohon Kecubung Wulung. Pohon itu sudah tumbuh bertahun – tahun dan menjadi tetenger ( tanda ) lokasi makam.

Tanda lain, lubang gua di lereng bebatuan di atasnya. Dahulu, di gua yang ruangannya tak terlalu dalam itu Ki Ageng mengasingkan diri hingga wafat dan dimakamkan di bawahnya.

Mbah Marmo sesepuh lereng Sumbing mengatakan makam itu sering diziarai tiap malam malam tertentu. Umumnya mereka dari desa – desa di lereng Sumbing. Seusai ziarah, mereka membawa pulang air belerang yang dipercayai bisa untuk menambah kekuatan badan.

Ki Ageng Makukuhan merupakan murid Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga. Lazimnya seorang murid yang sudah khatam menimba ilmu, Ki Ageng Makukuhan lantas mengembara, menolong orang, menyembuhkan orang yang sakit lumpuh, menyamar menjadi seorang petani guna melakukan syiar agama islam.

Beliau oleh Sunan Kudus dibekali benih tanaman yang dia sendiri tidak tahu namanya. Pesan Sunan Kudus jelas; tanamlah benih ini di tanah yang menurut hatimu tepat untuk ditanami. Sepanjang pengembaraannya, Ki Ageng Makukuhan telah mengangkat beberapa murid atau santri yang ikut bersamanya. (her/wan)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: