Jadi Tempat Belajar, Desa Sambak Sukses Kembangkan Biogas Dari Limbah Tahu

BNews—KAJORAN—Belajar desa ke desa dan oleh desa mungkin tepat digambarkan untuk kegiatan di Desa Sirahan Kecamatan Salam Kabupaten Magelang ini. Para perangkat desanya dan tokoh masyarakatnya mengunjungi Desa di lereng Gunung Sumbing yakni Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang untuk belajar.

Sebanyak 30 orang terdiri dari Perangkat Desa dan Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Sirahan dipimpin Kepala Desa Sirahan Maryono Jumat pagi (9/8). Kunjungan ini dilakukan untuk mempelajari proses pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sekaligus berkunjung ke sentra ekonomi kreatif di Desa Sambak.

Advertisements
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Kegiatan ini dimulai dengan pemaparan Kepala Desa Sambak didepan rombongan terkait potensi dan sumber daya di Desa Sambak.  “Ke depan, Sambak akan menjadi salah satu desa wisata yang bisa mendatangkan banyak manfaat positif untuk warganya,” ungkap Dahlan selaku Kepala Desa Sambak.

Selanjutnya rombongan mengunjungi instalasi biogas yang mengubah limbah tahu menjadi energi dan bisa menggantikan gas elpiji, industri batagor instant, juga menyaksikan proses pembuatan keripik singkong. Mereka saling bertanya jawab dan belajar terkait pengelolaan BumDes.


Sementara Ketua BUMDes Kartadesa, Desa Sambak, Amron Muhzawawi menjelaskan, tujuan utama BUMDEs adalah memberdayakan dan menyejahterakan warga. “Karena itu sebaiknya BUMdes tidak mendirikan unit usaha yang berpotensi menyaingi sektor usaha warga sekitarnya,” katanya.

Amron juga menjelaskan kalau hanya sekedar mendapatkan untung, kita (BUMdes) bisa saja memonopoli kebutuhan proyek desa atau jualan sembako dan semacamnya. “Tapi usaha-usaha seperti itu di desa kami sudah ada warga yang menjalankan. Kami tak mau mengganggu atau menyaingi mereka,” imbuhnya.

Ditambahkan oleh Ketua KIM Desa Sambak, Kholik Kurniawan bahwa  KIM di Desa Sambak sendiri berperan besar dalam mempromosikan potensi-potensi desa. “Selama ini, kata dia, banyak tamu berkunjung ke Sambak karena awalnya tahu dari internet,” katanya.

“Semakin banyak konten-konten positif mengenai Sambak di internet maka akan semakin banyak pula yang penasaran datang ke sini,” imbuhnya.

Sementara saah satu perangkat Desa Sirahan, Ganis memberikan apresiasinya kepada pengurus BumDes dan KIM di Desa Sambak. “Pengurusnya masih imut-imut semua alias masih muda-muda semua, ini jelas menjadi pemuda harapan desa kedepannya. Kalau ditempat kami pemuda pemudinya sudah banyak kerja diluar atau kantoran dan sibuk kuliah,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: