Jalan Tol Jogja ini Akan Dibuat Melayang, Sampel Tanah Akan Dikirim Laboratorium

BNews–JOGJA– Tol Jogja Solo di Ring Road Utara akan dibuat melayang. Tanah dari Monumen Jogja Kembali atau Monjali ke barat akan diteliti sebagai bagian dari proses konstruksi.

Pengelola Tol Jogja Solo, PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), saat ini tengah mengambil sampel tanah di wilayah Mlati, Sleman. Pejabat Humas PT JMM, Rahmat, menjelaskan sampel tanah yang diambil berada di sepanjang 500 meter, mulai dari depan area parkir Monumen Jogja Kembali atau Monjali ke arah barat hingga timur Westlake. “Yang diambil tanah di trotoar, tengah jalan,” ujarnya, Senin (13/3/2023).

Sampel tanah yang diambil akan dikirimkan ke laboratorium untuk diteliti kelenturan dan kepadatannya. “Karena di atasnya akan dibuat Tol Jogja Solo secara elevated [melayang], akan dibuat tiang panjang,” katanya.

Sampel tanah diambil menggunakan alat bor tanah. Untuk sementara, sampel di wilayah DIY yang diambil hanya di Monjali sampai Westlake. Lokasi ini merupakan bagian dari Seksi 2 Tol Jogja Solo dan statusnya belum dibebaskan.

Sementara, Tol Jogja Solo Seksi 2 akan dibuat melayang di sepanjang Ring Road dari Maguwoharjo sampai timur Westlake. Sementara, Tol Jogja Solo Seksi 3 atau dikenal dengan Tol Jogja Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) juga sebagian akan dibangun melayang melewati Ring Road.

Pengambilan sampel tanah dari Monjali ke barat berlangsung selama satu bulan, mulai 10 Maret hingga 8 April 2023. “Pengerjaan dilakukan malam hari supaya tidak macet. Kalau siang mengganggu lalu lintas,” katanya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Hingga saat ini, progres pembebasan lahan Tol Jogja Solo wilayah DIY yang terbagi ke dalam tiga seksi sudah sebesar 15%. “Meliputi Purwomartani, Bokoharjo, Selomartani, Tirtomartani,” ujarnya. (*/harjo)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!