Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Magelang Kembali Ditutup Hingga…

BNews—JATENG— Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) kembali menutup jalur pendakian di wilayah Kabupaten Magelang. Aktivitas pendakian ditutup pertanggal 29 Juni 2021.

Penutupan jalur pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu berlangsung hingga batas waktu yang belum ditentukan. Artinya, sampai statusnya membaik.

BTNGM juga menutup sementara obyek wisata alam Top Selfie dan Grenden. Obyek wisata alam Taman Nasional Gunung Merbabu di Magelang ini akan dibuka kembali sampai dengan adanya perbaikan status pada risiko epidemiologi.

”Ini menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Magelang Nomor 443.5/1729/01.01/2021 tanggal 22 Juni 2021. Isinya tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Magelang,” tulis Kepala BTNGM, Junita Parjanti dalam pengumuman penutupan obyek wisata alam Taman Nasional Gunung Merbabu.

Serta Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Nomor: 440.1/1926/01.01/2021 tanggal 28 Juni 2021. Tentang Pelaksanaan Gerakan Eling lan Ngelingke (Ingat dan Saling Mengingatkan) untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Magelang. 

Sementara, untuk wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Boyolali, hingga saat ini juga masih ditutup. Pendakian Gunung Merbabu melalui jalur Thekelan dan Cuntel, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ditutup. Pemkab Semarang memperpanjang masa pemberlakuan PPKM berbasis mikro untuk pengendalian penyebaran Covid-19. 

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

”Demikian pula pendakian melalui jalur Selo, Kabupaten Boyolali juga masih ditutup. Ini memperhatikan surat dari Pengelola Basecamp Dusun Genting, Desa Tarubatang Nomor: 02/RT.DS.GENTING/06/2021 tanggal 10 Juni 2021 hal Permohonan Penundaan Pembukaan Jalur Pendakian Selo yang diketahui Kepala Desa Tarubatang,” jelasnya.

Sementara itu dari pantauan Borobudur News, penutupan juga disampaikan oleh akun Instagran @btn_gn_merbabu pada Senin (28/6). Penutupan terjadi karena meningkatnya kasus positif Covid-19 dan Kabupaten Magelang masuk dalam zona merah.

”Demi keselamatan pendaki dan local host serta untuk mencegah persebaran Covid-19, maka Jalur Pendakian TN Gunung Merbabu ditutup sampai membaiknya status. Terkait dengan hal tersebut, maka bagi #SobatMerbabu yang sudah mendapatkan kode booking sampai dengan Bulan Juli tidak dapat digunakan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Ini semua demi kebaikan bersama ya sobat👌,” tulisnya.

Sebelumnya, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) mulai membuka jalur wisata pendakian Gunung Merbabu yang terletak di perbatasan Kabupaten Magelang, Semarang dan Boyolali pada 14 Juni 2021. Kepala BTNGMb Junita Parjanti mengatakan dari lima jalur pendakian ke puncak Gunung Merbabu, baru dua yang dibuka karena masih masa pandemi Covid-19. 

Junita menjelaskan, dua jalur pendakian yang sudah dibuka yakni jalur pendakian Suwanting di Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan. Dan jalur Wekas di Kecamatan Pakis, keduanya di Kabupaten Magelang. 

Tiga jalur pendakian lainnya via Kabupaten Semarang yakni; Cunthel di Dusun Cunthel, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan dan  jalur Thekelan di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan. Serta jalur Selo di Dukuh Genting, Desa Tarubatang di Kabupaten Boyolali belum dibuka. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: