Jaraknya Bak Membelah Eropa Timur ke Barat, Ini Trayek Bus Terjauh di Indonesia

BNews—NASIONAL— Bus merupakan salah satu moda transportasi yang digemari masyarakat Indonesia. Tak heran, jika ada perusahaan otobus (PO) yang memiliki trayek dengan jarak sangat jauh.

Bahkan, ada PO yang diklaim memiliki trayek dengan rute layaknya sejauh ujung Eropa Barat ke ujung Eropa Timur.

“Banyuwangi-Aceh, Banyuwangi-Medan dan Jember-Medan. Itu busnya PO ALS. Memang untuk rute terjauh masih dipegang dia. Dan kalau diukur secara jarak, itu kayak dari ujung Eropa (Barat) ke ujung Eropa (Timur),” jelas ujar Ketua Umum Bus Mania Community, Zaenal Arifin, seperti dikutip detikOto, Sabtu (3/4).

ALS atau Antar Lintas Sumatera merupakan salah satu PO legendaris asal Tanah Sumatera. Perusahaan transportasi penumpang dan barang ini telah ada sejak tahun 1966.

Mengutip salah satu situs jual beli tiket bus online, PO ALS kebanyakan melayani trayek dari Medan ke kota-kota di Pulau Jawa. Seperti Medan ke Jakarta, Medan ke Malang, Medan ke Yogyakarta dan masih banyak lainnya.

PO ALS menawarkan empat pilihan kelas, seperti kelas AC-Toilet, kelas Non-Toilet, kelas AC-Toilet 28 Seat dan kelas Super Eksekutif. Selain PO ALS, masih banyak lagi PO-PO asal Sumatera yang memiliki trayek jauh seperti Putera Pelangi, PO SAN, PO ANS dan PO Medan Jaya.

”Dengan trayek-trayek jauh itu, mereka justru sangat semangat untuk mencari penumpang,” katanya.

”(Selain bus-bus Sumatera) ada bus-bus lain dengan trayek jauh, seperti yang melayani trayek Jakarta-Bima,” sambungnya.

Bus-bus dengan trayek terjauh di Indonesia tentunya memakan waktu perjalanan hingga berhari-hari. Maka itu, calon penumpang perlu fisik yang prima untuk menempuh jarak panjang tersebut. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: