Jelang Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban di Magelang Laris Manis

BNews—MAGELANG— Pandemi covid-19 yang belum kunjung usai ternyata tak menyurutkan niat masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 2020. Minat masyarakat untuk membeli hewan kurban juga masih cukup tinggi.

Transaksi penjualan hewan kurban jenis domba atau kambing di Kota Magelang cukup banyak. Apalagi kurang dari dua pekan Idul Fitri.

Salah satu penjual hewan kurban di Kecamatan Magelang Tengah Wahyono mengaku mampu menjual 25 ekor kambing selama buka dua hari ini.

”Harga perekor bervariasi. Untuk hewan kurban jenis kambing atau domba, harganya bervariasi. Ada yang Rp 2 juta perekor dan ada juga yang mencapai Rp 4,5 juta perekor,” kata Wahyono seperti dikutip Kedaulatan Rakyat, Rabu (22/7).

Ia mengungkapkan, kambing yang dijual berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Magelang. Mulai dari Muntilan, Salaman, Grabag dan Kaliangkrik. Bahkan juga dari luar kabupaten, seperti Kabupaten Purworejo.

”Dibanding Idul Adha tahun lalu, animo masyarakat masih sama. Dalam waktu 10-15 hari ditargetkan sekitar 200-250 ekor hewan kurban terjual,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang Eri Widyo Saptoko menuturkan protokol kesehatan tetap akan diperhatikan dalam proses pemotongan hewan kurban mendatang. Pihaknya juga akan melakukan pemantauan keberadaan hewan kurban yang dipasarkan di beberapa lokasi penjualan hewan kurban di wilayah Kota Magelang.

”Ini dilakukan untuk menjamin agar keberadaan hewan kurban tersebut harus sesuai ketentuan. Termasuk pada sektor kesehatan dan kelayakan jualnya. Jadi ada tim yang turun ke lokasi-lokasi itu,” tuturnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: