Jembatan Gantung Kayu Ngembik-Bandongan Magelang Sempat Ditutup, Ini Penyebabnya

BNews–MAGELANG– Sebuah gantung jembatan kayu yang sering menjadi salah satu spot foto favorit di Magelang kondisinya memperhatinkan.  Namun, jembatan tersebut sempat akses ditutup sementara pada Senin sore kemarin (8/3/2021).

Jembatan kayu yang merupakan penghubung wilayah Rejosari Bandongan Kabupaten Magelang menuju Ngembik Keramat Utara Kota Magelang ini terpaksa ditutup sementara. Pasalnya sebuah rumpun bambu tersangkut ditengah jembatan karena terbawa arus sungai progo.

“Itu rumpun bambu longsor dari tebing Deket jembatan mas. Terus hanyut terbawa angitlr dan yangkut ditengah jembatan,” ungkap Gilang warga Rejosari saat diwawancarai Borobudurnews.com (8/3/2021).

Dia juga mengungkapkan, penutupan jembatan seperti sering dilakukan baik dari sisi warga Rejosari maupun sebaliknya.

 “Dulu sering ditutup sementara saat alira sungai progo semakin tinggi, hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Dan hingga malam ini, meskipun rumpun bambu sudah dibersihkan akses jembatan tetap tutup sementara karena air masih tinggi,” ujarnya.

Galih bercerita bahwa dulu pernah ada kejadian jembatan kayu ini roboh dan banyak orang yang saat melintas jatuh ke sungai progo. “Setelah kejadian itu dulu katanya mau dibangun jembatan permanen. Tetapi kok malah dibikin jembatan kayu lagi,” imbuhnya.

Karena ditutup sementara akses jembatan kayu tersebut, warga yang akan melintas harus memutar melalui jalur jalan raya pelikon. Yang jaraknya cukup jauh dari jalur tersebut.

“Kondisi papan kayu sudah jelek parah. Saya harap segera diganti dengan jembatan permanen, sama seperti harapan warga yang selalu melintas jembatan tersebut,” harapnya.

Jembatan tersebut diketahui memiliki panjang kurang  lebih 100 meter dengan lebar 2 meter saja. Setiap kendaraan yang akan melintas harus bergantian, karena bahaya jika berpapasan.  (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: