Kartu Prakerja Gelombang 17 Resmi Dibuka Khusus Peserta Bermasalah

BNews—NASIONAL— Program Kartu Prakerja gelombang 17 resmi dibuka hari ini, (5/6). masyarakat bisa melakukan pendaftaran program Kartu Prakerja ini melalui website resmi www.prakerja.go.id.

”Gelombang 17 dibuka hari ini jam 12.00WIB,” ujar Head of Communication Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, Sabtu (5/6).

Adapun kuota yang dibuka ialah mencapai sekitar 44 ribu. Jumlah itu lebih sedikit dari kuota yang dibuka pada gelombang sebelumnya sebanyak 300 ribu. Rata-rata, kuota gelombang-gelombang sebelumnya bahkan lebih besar lagi yakni mencapai 600 ribu orang pergelombang.

Jumlah kuota Kartu Prakerja gelombang 17 yang dibuka ini untuk memulihkan kepesertaan yang dicabut di gelombang 12-16 lalu. Dengan kata lain, jumlah kuota di gelombang 17 ini akan diambil dari peserta yang tidak membelanjakan dana pelatihannya.

Dalam aturan yang berlaku, batas waktu membeli program pelatihan berlaku selama 30 hari setelah penetapan. Jika dana pembelian program tidak digunakan dan melewati batas waktu yang ditentukan maka konsekuensinya status kepesertaannya dicabut.

”Sekitar 44 ribu karena hanya memulihkan kepesertaan yang dicabut dari gelombang 12-16,” tuturnya.

Untuk diketahui, selain pelatihan, melalui program Kartu Prakerja ini, pemerintah memberikan insentif kepada para pesertanya. Setiap peserta bisa mendapat insentif sebesar Rp3,550 juta.

Dari angka tersebut, sebesar Rp1 juta tidak bisa diuangkan karena untuk dana pelatihan. Jika tidak mengikuti pelatihan maka kepesertaan akan hangus dan uang akan dikembalikan ke kas negara.

Sisanya yakni Rp 2,550 juta bisa dipegang masyarakat jika mengikuti pelatihan Kartu Prakerja gelombang 17. Nantinya, manfaat itu diberikan setelah mengikuti pelatihan yang akan ditransfer Rp 600 ribu selama empat bulan.

”Dan jika mengisi survei sebanyak tiga kali akan dapat insentif tambahan sebesar Rp150 ribu,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: