Kasus Positif Covid-19 di Kota Magelang Tambah Tiga, Total Ada 9 Orang

BNews—MAGELANG—Kasus positif Covid-19 di Kota Magelang kembali bertambah. Pada Senin (27/7/2020) pukul 16.00 WIB bertambah tiga orang setelah hasil swab keluar dan terkonfirmasi positif.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dr Majid Rohmawanto menuturkan dengan bertambahnya kasus tersebut, maka total pasien positif ada sembilan orang. Ke-9 pasien tersebut dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Magelang.

”Penambahan ini diketahui dari hasil tes swab terhadap kontak erat seorang pasien positif yakni bernisial AL,45, warga Magelang Utara, yang sebelumnya sudah dirawat,” tuturnya.

Dia menjelaskan, uji swab dilakukan pada Jumat (24/7/2020), dan hasilnya diketahui Senin (27/7/2020). ”Kami uji swab terhadap 12 orang yang kontak erat dengan AL. Hasilnya ada tiga terkonfitmasi positif Covid-19, salah satunya sopir,” jelas dia.

Lebih lanjut, Majid mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan uji swab terhadap 30 tetangga pasien. Sebelumnya, sudah melakukan terhadap 15 yang berkontak erat.

”Dari hasil swab terhadap 15 yang berkontak erat, diketahui bahwa suami AL, dua anak dan dua keponakan AL terkonfirmasi positif Covid-19,” imbuhnya.

Satu keluarga asal Kelurahan Kedungsari tersebut, kata Majid, memiliki riwayat perjalanan dari Kabupaten Demak. Yakni mengantar seorang anak ke sebuah pondok pesantren yang berada di daerah tersebut.

”Pulang dari Demak, pasien kemudian sakit dan dibawa ke IGD RSUD Tidar. Dengan gejala batuk, demam dan sesak nafas. Langsung dilakukan tes PCR dan hasilnya positif diketahui pada Senin (20/7/2020) lalu,” paparnya.

Sementara itu, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) per Senin (27/7/2020) sebanyak 74 orang, meliputi satu orang baru dan 73 orang kasus lama. Kemudian dirujuk dua orang, dirawat dua orang, sembuh 62 orang dan meninggal dunia delapan orang.

Untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan sebanyak 322 orang meliputi kasus lama ada 322 orang, sehat 297 orang, dipantau 23 orang dan meninggal dunia satu orang. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: