Keren, Anak-anak Muda Lereng Merapi Rintis Ruang Baca

Hajar Sukmawati penggagas Ruang Baca Masyarakat 

BNews–DUKUN– Perkembangan digital teknologi yang luar biasa di Indonesia perlu disikapi dengan arif. Selain harus membekali diri dengan ilmu pengatahuan juga harus diimbagi dengan budaya membaca. Supaya setiap informasi yang ada tidak diterima mentah-mentah.
Hal itu lah yang mendasari kalangan remaja di Desa Ngadipuro Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang lereng Gunung Merapi. Mereka ingin budaya membaca tumbuh dikalangan masyarakat supaya tidak mudah termakan informasi di dunia internet.
Dengan semangat perubahan, sekelompok pemuda dari Desa Ngadipuro bberinisiatif membangun ruang baca masyarakat. Selain mengembalikan niat baca buku nantinya ruang baca masyarakat ini juga menjadi tempat bersosialisasi masyarakat umum sehingga akan muncul ide aspirasi dan lainnya.
“Sekarang masih dalam proses pengumpulan Buku dan mencari donatur untuk membuka ruang baca ini,karena kedepannya ruang baca ini berjalan non profit dan murni untuk pemberdayaan masyarakat dalam segala bidang,” terang Hajar Sukmawati salah satu penggerak ruang baca ini.
“Kami masih butuh ide gagasan soal ruang baca masyarakat ini, selain donasi buku untuk melengkapi koleksi kami dari semua pihak donatur yang ingin membantu,” kata Hajar yang juga mahasiswi UNDIP ini.
Selain menjadi ruang baca kedepannya juga menjadi saranan berkumpul pemuda pemudi khususnya untuk mengeluarkan ide gagasan guna ikut serta membangun desa.  Saat ini lokasi yang tersedia menggunakan rumah kepala desa Ngadipuro sendiri guna mengumpulkan buku dan tempat berkumpul para penggeeak lapangan.
“Besok akan kami bantu anggarkan pendanaan dari Desa,serta akan kami pasang free wifi guna mensupport ruang baca ini sekaligus untuk memperlancar kinerja Tim Sistem Informasi Desa Ngadipuro,intinya rekan rekan pemuda bergerak dulu untuk mewujudkan ini dulu,” ungkap Prasetya Budi Wibawa Kepala Desa Ngadipuro (13/2) .
“Kami berharap khususnya kepada pemuda pemudi bisa ikut serta dalam membangun hal ini dan selanjutnya mampu memafaatkannya secara umum untuk memunculkan ispirasi ide gagasan guna membangun desa lebih maju kedepannya,” harap Kades saat ditemui di kantornya. (Bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: