Keren Desa Sawangan Gelar Kirab Budaya HUT ke 90

BNews-SAWANGAN— Desa/Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang memasuki umur ke 90 tahun. Untuk memperingati hari jadinya, Pemdes setempat mengadakan semarak kirab budaya tadi pagi (7/10).

 

Acara dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Magelang Zaenal Arifin beserta staf jajaranya dan Forkompincam Sawangan. Kirab dimulai dengan penampilan seni dan budaya perwakilan dari tiap dusun di Sawangan mulai dari Dusun Margowangsan dan berakhir di Lapangan Utama Desa Sawangan.

Kepala Desa Sawangan, Johan wahyudi, mengungkapkan bahwa selain untuk memperingati HUT Desa Sawangan yang ke – 90, Kirab Budaya ini juga untuk bertujuan untuk menguri – uri kesenian dan Kebudayaan asli daerah di Kabupaten Magelang.”Kami juga menargetkan menjadi desa kaya akan seni dan budaya sehingga akan menjadi sebuah Desa Wisata,”katanya.

” Saya berharap dengan memperingati hari jadinya yang ke – 90 ini, bisa mengenang perjuangan para pendahulu, dan menjadi motivasi, menjadi sepirit, untuk membangun Desa Sawangan yang mandiri, sejahtera dan kreatif ,” harapnya.

Ribuan pasang mata memadati sepanjang jalan lokasi kirab budaya yang ke dua ini. Antusias masyarakat menyaksikan festival kirab mulai dari bergodo, topeng ireng, janthilan,brodhut dan lain sebagainya.

Wakil Bupati Magelang, M Zaenal Arifin memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Sawangan telah bahu membahu merayakan Ulang tahun Desa mereka ini dengan acara kitab budaya ini.”Jangan lupakan sejarah maka dari itu dengan acara ini bisa mengingatkan kita semua sejarah tentang Desa Sawangan,” katanya.

“Saya berharap dengan HUT ke-90 ini seluruh jajaran perangkat Desa Sawangan lebih semangat dan giat dalam melayani masyarakat Desa Sawangan agar lebih sejahtera,”pungkasnya. (bsn)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: