KEREN !! Di Magelang Ada Komunitas Literasi Sosial, Ini Kegiatannya

BNews–MAGELANG– Litersi Sosial merupakan sebuah komunitas yang bergerak dibidang literasi. Komunitas ini dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca khususnya didaerah Magelang dengan menyediakan taman baca gratis dan diskusi di Alun-alun Magelang.

Berawal dari koleksi pribadi anggota komunitas, kami mulai membuka taman baca gratis pada Sabtu, 20 Maret 2021. Kegiatan rutin yang kami lakukan yaitu buka setiap Sabtu, pukul 16.00-selesai.

Taman baca yang kami sediakan tidak seperti perpustakaan sekolah, kampus, atau perpustakaan kota yang harus memiliki kartu anggota atau sekadar mengisi data diri untuk berkunjung.

Hal ini tentunya memudahkan masyarakat umum untuk mendapatkan akses membaca buku, mendapatkan informasi dan pengetahuan yang lebih luas.

Agar dapat mewujudkan apa yang telah menjadi tujuan komunitas, kami juga melakukan kegiatan donasi buku. Donasi buku adalah cara kami untuk mendapatkan buku dari publik.

Kegiatan ini tidak terbatas pada individu, kelompok atau korporasi tertentu, tetapi untuk siapapun yang ingin berkontribusi untuk meningkatkan kualitas literasi di daerah Magelang supaya menjadi lebih baik.

Selain itu, kami juga menerima donasi finansial yang nantinya akan digunakan sebaik-baiknya untuk mengembangkan projek yang kami miliki.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Untuk hasil dari kegiatan donasi yang berupa buku selanjutnya akan ditempatkan ke taman baca gratis yang telah kami dirikan. Dengan bantuan donatur, sekarnag kami dapat mengelola 200 buku lebih.

Buku tersebut terdiri dari buku sastra, agama, filsafat, pengetahuan umum, sampai buku khusus anak-anak.

Buku-buku tersebut nantinya juga akan disalurkan ke tempat-tempat yang membutuhkan. Seperti pada Kamis, 4 Agustus 2021.

Komunitas Literasi Sosial ini tidak bergerak sendirian, mereka berkolaborasi dengan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang. Dimana mahasiswa tersebut yang sedang melakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) di desa Menayu, Kecamatan Muntilan.

Dimana mereka melakukan kegiatan donasi, untuk membantu menyediakan buku dan mainan anak-anak di PAUD tersebut.

Selain itu pada Selasa, 17 Agustus 2021 Literasi Sosial beserta komunitas Ruang Bebas Uang Magelang dan 23 barbershop Kaliangkrik mengadakan kegiatan pasar gratis.

Kegiatan tersebut menyediakan pakaian bekas layak pakai, sayur-sayuran, sembako, cukur rambut, tensi darah, dan tentunya tempat baca. Semuanya gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Kegiatan yang kami lakukan tersebut nantinya diharapkan dapat berguna bagi masyarakat, dapat meningkatkan kualitas pendidikan atau literasi. Terpenting diharapkan dapat menumbuhkan cinta dan kepedulian antar sesama.

Tak hanya itu, kegiatan yang kami lakukan juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini dan lebih menyadarkan kepada masyarakat bahwa pendidikan anak usia dini begitu penting bagi perkembangan anak. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: