KEREN…Kerajinan Pande Besi Pakis Magelang Diekspor Hingga Amerika

BNews—PAKIS— Siapa sangka, karya tangan tangan kuat warga Sanggrahan Desa Rejosari Kecamatan Pakis ini bisa dilirik mata dunia. Hasil karya pande besi mereka tembus pasar ekspor luar negeri.

Salah satunya adalah pande besi milik Sumardi, 55, warga Sanggrahan Desa Rejosari Kecamatan Pakis yang kini produknya mampu menembus pasar internasional.

Sumardi mengatakan usaha yang dia geluti merupakan usaha turun temurun. Belakang usahanya berkembang.

Usaha turun temurun ini sudah mencapai generasi keduanya dengan memproduksi beraneka ragam kerajinan yang berbahan baku besi,baja dan kuningan ini. Mulai dari alat-alat pertanian seperti cangkul,sabit,arit,dan golok sedangkan untuk senjata tajam seperti samurai, rencong, kampak, sangkur, tombak.

Tidak hanya itu saja sampai alat-alat dapur dan makanpun di buat seperti sendok dan garpu,piring ,pemotong keju juga mereka buat. Peralatan seperti ini yang banyak menerima pesanan dari luar negeri.

Sumardi menerangkan bahwa kebanyakan yang kami produksi memang senjata. Seperti pedang dan samuari. “Saya tidak sembarangan menerima pesanan tersebut, paling tidak hanya kolektor-kolektor saja yang saya layani, yang Jelas senjata-senjata yang saya buat ini nilai ekonominya juga tergolong tinggi,jadi sepertinya hanya orang-orang tertentu saja yang membelinya,” jelasnya.

Barang hasil kerajinanya itu bisa laku hingga Rp 5 juta. Barang barang buatannya sudah sampai ke Malaysia, Australia, Amerika Serikat dan Jepang. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: