Kisah Cinta Melegenda Di Dunia, ini 9 Daftarnya

BNews–NASIONAL– Membahasa soal  sebuah kisah cinta, pasti tidak akan pernah ada habisnya.

Mulai dari yang berakhir bahagia, hingga kisah cinta yang berakhir dengan tragis.

Tersebar dari berbagai belahan dunia, legenda kisah cinta yang penuh dengan pengorbanan dan sarat akan makna pun sering sekali diceritakan berulang kali oleh masyarakat dunia.

Jika kamu penasaran dan ingin tahu, maka berikut ini merupakan 9 kisah cinta romantis yang melegenda dari berbagai belahan dunia!

1. Romeo dan Juliet

Diterbitkan untuk pertama kali pada tahun 1595. Kisah cinta Romeo dan Juliet merupakan sebuah tragedi kisah cinta klasik yang ditulis oleh William Shakespeare.

Kisah cinta ini menceritakan tentang dua orang manusia yang saling mencintai satu sama lain, namun tak bisa bersatu karena kedua keluarga yang saling bermusuhan.

Keduanya pun akhirnya rela mengakhiri hidup masing-masing daripada harus hidup terpisahkan oleh takdir. Sementara itu, cerita ini ditutup dengan elegi atau syair yang berbunyi, ”Karena tidak pernah ada cerita yang lebih menyedihkan, daripada Romeo dan Juliet-nya.”

2. Cleopatra dan Mark Antony

Masih dari penulis yang sama, yaitu William Shakespeare. Dirinya kembali menuliskan kisah cinta tragis antara Cleopatra dan Mark Anotny.

Kisah ini dimulai ketika pernikahan Cleopatra dan Mark Antony yang medapatkan berbagai macam kecaman dari bangsa Romawi.

Pada saat itu, ketika Mark Antony sedang berada di medan perang untuk bertempur melawan Octavianus, dirinya mendapati kabar palsu mengenai kematian Cleopatra.

Mendengar kabar tersebut, Mark Antony pun lantas membunuh dirinya dengan menguhunuskan pedang ke dirinya sendiri. Di sisi lain, Cleopatra yang mendengar kematian Mark Antony pun juga memutuskan untuk mengakhiri kehidupannya.

3. Lancelot dan Guinevere

Dalam dongeng Arthurian yang sangat melegenda di Inggris, ada sebuah cerita yang mengisahkan tentang cerita cinta terlarang antara Sir Lancelot dan Ratu Guinevere, istri dari Raja Arthur.

Hubungan keduanya pun akhirnya diketahui oleh dua orang keponakan raja Arthur, yang pada akhirnya membuat Ratu Guinevere harus dijatuhi humukan mati.

Mengetahui hal itu, Sir Lancelot pun tak tinggal diam dan akhirnya berhasil untuk menyelamatkan sang ratu dan menjadikan kekuasaan Raja Arthur melemah.

4. Odysseus dan Penelope

Dikenal sebagai salah satu negeri para dewa dan dewi, Yunani juga dikenal sebagai salah satu negeri yang selalu memiliki kisah cinta di dalamnya.

Salah satunya adalah kisah cinta antara sepasang suami dan istri Odysseus dan Penelope. Keduanya harus rela berpisah selama 20 tahun lamanya dikarenakan perang yang sedang melanda.

Saling menanti dan menunggu satu sama lain, keduanya pun akhirnya bisa kembali berkumpul bersama dengan kembalinya Odysseus ke dalam pelukan Penelope dan putranya.

5. Layla dan Majnun

Diambil dari salah satu puisi terkenal, kisah cinta ini sebenarnya menceritakan tentang sepasang kekasih yang bernama Layla dan Qays.

Hubungan keduanya tidak bisa berjalan dengan baik dikarenakan ayah Layla yang tidak merestui hubungan keduanya.

Alhasil, Qays pun diasingkan ke padang pasir dan mendapatkan julukan ”Majnun” yang berarti gila. Hingga semasa hidup keduanya, keduanya tidak dapat bersatu. Namun, makam keduanya dibuat berdampingan antar satu sama lain agar bisa terus bersama selamanya.

6. Shah Jahan dan Mumtaz Mahal

Keajaiban dunia Taj Mahal merupakan salah satu bangunan megah yang dibangun oleh Shah Jahan sebagai bentuk rasa cintanya sekaligus bentuk penghormatan terhadap sang istri.

Namun sayang, Shah Jahan tidak dapat menyelesaikan bangunan megah itu dengan tangannya sendiri, lantaran dirinya harus masuk ke dalam Benteng Merah Agra.

Setelah wafat, Shah Jahan dimakamkan di sebelah makam sang istri, Mumtaz Mahal.

7. Marie dan Pierre Curie

Sama-sama berasal dari Polandia, Pierre dan Marie merupakan seorang ilmuwan yang bertemu di salah satu laboratorium di Paris. keduanya menikah pada tahun 1895 di Paris.

Memiliki latar belakang sebagai seorang ilmuwan, Pierre dan Marie dikenal sebagai penemu radioaktif dan juga pernah dikaruniai Nobel untuk Fisika.

Setelah Pierre meninggal, Marie kembali mendapatkan Nobel untuk yang kedua kalinya. Namun sayang, pada tahun 1934 Marie meninggal akibat penyakit Leukimia yang dideritanya.

8. Salim dan Anarkali

Salim, seorang putra besar Kaisar Mughal Akbar jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap Anarkali, seorang wanita tuna susila.

Namun, tentu saja sang Raja tidak setuju dan menentang hubungan keduanya. Sang Raja dan Salim pun mulai bertengkar dan menyerang satu sama lain, hingga akhirnya Salim pun kalah dan dijatuhi hukuman mati.

Namun, tanpa diduga Anarkali datang dan mau mengorbankan dirinya untuk melindungi orang yang sangat dia cintai. Anarkali pun akhirnya menerima hukuman untuk dimakamkan hidup-hidup di dalam dinding bata, di depan orang yang sangat dia cintai, yaitu Salim.

9. Tristan dan Isolde

Dikisahkan dalam cerita, Isolde adalah seorang wanita cantik yang merupakan putri raja dari Irlandia yang telah dijodohkan oleh ayahnya dengan raja Mark dari Cornwall.

Untuk membawa Isolde ke Cornwall, raja Mark memerintahkan keponakannya yang bernama Tristan untuk menjemput sang putri, dan benih-benih cinta pun mulai muncul diantara keduanya.

Meski telah menikah, Tristan dan Isolde tetap melanjutkan hubungan terlarangnya itu. Hingga akhirnya sang raja tahu dan menyuruh Tristan untuk pergi meninggalkan istana.

Pada suatu hari Tristan jatuh sakit dan kemudian meninggal dunia. Mendengar kabar tersebut, Isolde pun merasakan patah hati yang sangat mendalam dan kemudian turut meninggal karenanya.

Itulah beberapa 9 kisah cinta romantis yang melegenda dari berbagai belahan dunia. Meski tidak selalu berakhihr dengan bahagia, namun dari cerita cinta di atas kita bisa menjadi lebih sadar dan mengerti bahwa cinta sejati itu memang benar adanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: