KNPI Kabupaten Magelang Gelar Lomba dan Pelatihan Terkait Medsos

BNews—MAGELANG— Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021,Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Magelang menggelar rangkaian kegiatan pembinaan anggota. Ada tiga perlombaan dan satu pelatihan bagi anggotanya.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Magelang, Ariyanto mengungkapkan bahwa lomba yang digelar yakni membuat desain meme, video orasi kebangsaan dan film dokumenter mengangkat pemuda pelopor setempat.

”Selain lomba yang berkaitan dengan media sosial, kami juga menyelenggarakan Pelatihan Pembuat Konten Bagi Pemuda Penggerak Media Sosial,” kata dia, Senin (1/10/2021).

Dia menjelaskan, pelatihan ini diikuti oleh 32 orang yang berasal dari 21 DPK KNPI se-Kabupaten Magelang.

“Pada prinsipnya, KNPI ingin menyiapkan penggerak media sosial yang mampu membuat konten secara baik. Serta memiliki muatan pendidikan bagi masyarakat,” jelasnya.

Ariyanto menyebut, pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, Jumat-Minggu (29-31/10/2021). Bertempat di Kampung Kopi Emperan, Desa Krinjing, Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang.

”Tempat ini dipilih karena masyarakatnya sangat mendukung program pendidikan dan pelatihan keahlian bagi pemuda,” ujarnya.

Lanjutnya, desa tersebut juga merupakan salah dampingan KNPI dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2020. Karena mayoritas masyarakatnya adalah petani kopi, maka desa setempat membuat brand sebagai Desa Wisata kopi.

Ketua panitia penyelenggara kegiatan, Ridwan menambahkan, dengan pelatihan ini, diharapkan para pemuda bisa menguasai media informasi dan komunikasi. Sebagai upaya pencerdasan masyarakat, menggalang persatuan dan menangkal berbagai bentuk ancaman perpecahan seperti redikalisme dan berita bohong.

Tokoh masyarakat Desa Krinjing, Nasopi mengatakan bahwa warga masyarakat sangat bahagia dengan kehadiran orang dari luar daerah tersebut.

“Kebetulan kami sedang menyelenggarakan Gratis Ngopi di rumah warga selama 41 hari. Maka kami sangat bahagia jika ada yang berkenan hadir dan membuat kegiatan di tempat kami,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: