KNPI Magelang Dorong Pemuda Desa Sidosari Salaman Bangkit

BNews–SALAMAN– Dewan Pengurus Cabang (DPC) Komiten Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Salaman Magelang gelar malam keakraban di Desa Sidosari. Diikuti puluhan pemuda Desa, Makrab tersebut berjalan meriah selama dua hari 11-12 Juli 2020 di Balai Desa Sidosari.

Pemuda Desa tersebut tergabung dalam Karang Taruna Gita Karya Desa Sidosari. Dengan nara sumber langsung menghadirkan Ketua DPD KNPI Kabupaten Magelang, pegiat wirausaha dan pemuda pelopor yang sukses menjadi pengusaha berbasis online tingkat nasional.

Nastangin selaku penggagas kegiatan itu menyampaikan bahwa pendidikan dan pelatihan dalam makrab itu sengaja diadakan guna menguatkan semangat pemuda Sidosari bangkit dari keterpurukan akibat pandemi covid 19.

“Diklat ini kami adakan atas izin pemerintah desa dan tetap memberlakukan protokol kesehatan,” katanya.

Acara yang dimulai Sabtu siang 11 Juli 2020 itu dibuka oleh Kepala Desa Sidosari dan dihadiri oleh Ariyanto selaku Ketua DPD KNPI Kabupaten Magelang. Tak ketinggalan beserta para tokoh agama dan masyarakat setempat.

“Semoga mereka mampu menyerap ilmu yang diberikan agar mereka bangkit” tandasnya.

Sementara pemateri Ketua DPD KNPI Kabupaten Magelang, Ariyanto mengatakan pelatihan ini agar anggota Karang Taruna Gita Karya Desa Sidosari bisa bangkit. “Mereka mulai bangkir dengan usaha pembibitan, budidaya jamur tiram, persewaan dan multimedi,” katanya.

Loading...
DOWNLOAD MUSIK KESUKAANMU DISINI GRATIS (KLIK)

Maka hari ini, lanjutnya pihaknya memberikan bekal keorganisasian dan manajeme. “Kami beharap saat kondisi normal semua potensi itu siap untuk kita pasarkan,” ujar Ariyanto.

Sebelum kegiatan ini diadakan, katanya para pemuda Sidosari lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online dan bermalas-malasan dengan gawai. “Hal ini disebabkan oleh kurangnya inspirasi dan motivasi. Sehingga tidak banyak pemuda yang dapat menemukenali potensi dirinya dan desanya,” ujarnya.

Menurutnya, sebagian beranggapan letak Desa Sidosari yang berada sedikit di pelosok memiliki keterbatasan untuk dikembangkan. “Namun itu tidak benar, mau dimanapun jika niat dan usaha pasti bisa. Oleh sebab itu dalam pelatihan ini kita dorong para pemuda tersebut mampu bangkit” tegasnya.

Beda hal dengan yang diceritakan oleh Hery W Nugraha yang akrab disapa Regul Ndeso. Dia adalah sosok pemuda Sidosari yang sukses menjadi pengusaha persewaan berbasis online di ibu kota.

Kegelisahan ini yang mendorongnya pulang ke Sidosari untuk membantu adik adiknya bangkit dan menatap masa depan yang lebih cerah. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: