Koin NU Khitankan 24 Anak di Secang

BNews–SECANG-– Sebanyak 24 anak dikirab dari Balai Desa Pucang Kecamatan  Secang Kabupaten Magelang pagi tadi (22/12). Mereka dikirab untuk mengikuti khitanan masal gratis yang digelar oleh MWC NU Secang hasil koin NU.

Sesampainya di Gedung MWC NU Secang, rombongan kirab disambut dengan tabuhan rebanan dan sholawat. “Acara tersebut merupakan rangkaian acara Khitanan Massal yang diselenggarakan oleh Upzis NU Care Lazisnu MWC Secang,” ungkap Ketua Panitia Wasiqurrahman.

“Untuk pendanaan sendiri kita ambilkan dari Dana Koin NU yang kita kumpulkan selama ini,” imbuhnya.

Disebutkan juga, untuk peserta sebanyak 24 anak ini berasal dari Kecamatan Secang. “Kita ambilkan beberapa anak perwakilan dari wilayah Se Kecamatan Secang,” tandasnya.

Perlu diketahui Upzis NU Care Lazisnu Secang Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama adalah perangkat organisasi Nahdlatul Ulama yang bertugas menghimpun zakat dan shadaqah serta mentasharufkan zakat kepada mustahiqnya berdasarkan UU RI no 23 th 2011.

Upzis NU Care Lazisnu Secang adalah pengurus Lazisnu Majelis Wakil Cabang Secang yang memiliki tugas sebagai perwakilan NU Care Lazisnu Kabupaten Magelang di tingkat kecamatan. Upzis NU Care Lazisnu Secang berdiri sejak bulan Januari 2018 dengan program utama Ambulance & KOIN NU.

Dulu juga sempat melakukan pembelian Ambulance NU Secang dengan cara menggalang donatur. Dimana donatur memiliki kesanggupan Rp1 jt yang diangsur selama setahun. Dan program itu berhasil mendapatkan 294 orang donatur dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 239.174.346 digunakan untuk membeli mobil Rp 185.950.000. Untuk karoseri Rp 31.000.000 dan untuk garasi Rp 17.043.000 sisanya digunakan untuk membantu operasional ambulance.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Awal tahun 2019 untuk menutup kebutuhan operasional ambulance Upzis NU Care Lazisnu Secang membuka daftar donatur tetap per bulan. Dan sampai dengan bulan November 2019 berhasil mendapatkan dana sebanyak Rp 18.000.105 . Ambulance NU Secang beroperasi gratis untuk warga Secang. Sedangkan untuk tujuan wilayah kabupaten Magelang sedangkan diluar wilayah Kabupaten Magelang dikenakan tarif Rp 7500/km .

Sampai dengan hari ini total trip ambulance 214 trip dengan tujuan paling jauh mengantar jenazah ke Palembang. Program ini dimulai tahun 2016 sampai dengan bulan November 2019 berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 114.781.300 dengan sistem setoran 50% untuk ranting dan 50% untuk MWC.

Jumlah penerimaan infaq dan shadaqah sampai dengan Oktober 2019 yaitu Rp 332.627.096 dengan jumlah penyaluran Rp 284.201.900. Adapun programprogram lain yang telah dilaksanakan Upzis NU Care Lazisnu Secang : Bidang Pendidikan dan Sosial Keagamaan: Santunan MI, pembelian kitab untuk TPA , biaya makesta IPNU IPPNU .

Bidang Tanggap Bencana: Donasi untuk gempa Palu, Lombok, Donggala, bencana puting beliung, donasi untuk kebakaran rumah banser.Bidang Kesehatan : Santunan untuk penderita kanker , khitanan masal. Bidang Ekonomi : Membantu meningkatkan taraf hidup melalui program KOIN NU. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: