Komunitas Relawan GRI Magelang Gelar Upacara dan Simulai Peringati HKB 2021

BNews-MAGELANG– Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) diperingati setiap tahunnya pada 26 April. HKB sendiri dibentuk atas inisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Untuk memperingati hal tersebut Komunitas Garda Relawan Indoneaia (GRI) di Kabupaten Magelang mengadakan upacara dan simulasi  bencana. Dimana yang bertujuan untuk mengajak semua anggota GRI untuk meluangkan waktu satu hari tersebut.

Tentunya untuk mengadakan giat upacara hari kesiap siagaan dan  melakukan latihan kesiapsiagaan bencana dan simulasi kesiapsiagaan bencana.

HKB tahun ini menggunakan slogan “Siap Untuk Selamat” serta mengusung tema “Latihan membuat kita selamat dari bencana.

“Dengan empat hal yang perlu dilakukanantaranya adalah mengenali ancaman bencana yang ada di sekitar, mengenali risiko bencana; mengetahui tempat evakuasi, dan pelatihan menghadapi bencana bersama anggota GRI,” ungkap Ketua GRI Heri Prawoto.

Adanya simulasi kebencanaan ini, lanjutnya pihaknya  dapat mengambil pelajaran tentang  evakuasi mandiri ke tempat aman terdekat.

“Mari kenali ancaman bencana di sekitar kita,” kata Irma salah satu pengurus GRI.

Ia juga berharap setiap individu dapat memahami risiko bencana sehingga ini dapat menumbuhkan budaya sadar bencana. “Tingkatkan budaya sadar bencana agar kita dapat mengurangi korban jiwa dan kerugian harta benda,” lanjutnya.

Pelaksanaan HKB pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan latihan tahun ini dilakukan di tengah pandemi COVID-19 dan di bulan suci romadhon; dan ditengah terik panasnya matarahi  tidak membuat patah semangat rekan rekan GRI. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: