KPU Kota Magelang Lakukan Pemetaan TPS Lokasi Khusus untuk Pilkada 2024

BNews–MAGELANG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang lakukan rapat kerja pemetaan tempat pemungutan suara lokasi khusus (TPS loksus) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat KPU Kota Magelang pada Senin (8/7/2024).

Ketua KPU Kota Magelang Misbachul Munir mengatakan rakor ini diikuti sejumlah instansi, perguruan tinggi, dan boarding school di Kota Magelang.

“Kita mensosialisasikan bahwa nanti ada Pilkada, bisa mengajukan untuk membentuk (TPS) lokasi khusus” katanya, Senin (8/7/2024).

Dia menjelaskan, untuk pengajuan pembentukan TPS loksus ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Diantaranya kelengkapan alamat asal para calon pemilih karena mereka pada umumnya masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di masing-masing daerah asalnya.

“Jadi agar nanti proses men-DPTb-kan dan jadi DPT loksus itu biar mudah dan tidak ada data ganda,” jelasnya

Munir menyebut, Pilkada 2024 di Kota Magelang yakni pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Wali Kota-Wakil Wali Kota Magelang.

“Misalnya ada warga binaan Lapas asalnya luar Kota Magelang, hanya akan dapat satu surat suara yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng,” ujarnya.

Tambah Munir, untuk jumlah pemilih di setiap TPS loksus minimal 100 pemilih dan maksimal 600 pemilih. “Minimal 100 pemilih untuk bisa mendirikan TPS loksus,” pungkasnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!