Kredit Perbankan Alami Pertumbuhan

BNews—NASIONAL— Kredit Perbankan di Indonesia mengalami peningkatan di akhir tahun 2019. Dimana, tercatat mencapai 5.549 triliun.

“Raihan itu tumbuh 7,0% (yoy) atau lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 6,6% (yoy),” kata  Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko seperti dikutip sindo.

Dia mengatakan, peningkatan penyaluran kredit terjadi pada debitur korporasi. Kredit kepada korporasi meningkat dari 6,1% (yoy) pada bulan sebelumnya menjadi 7,4% (yoy) pada November 2019. Di sisi Iain, kredit kepada perorangan melambat dari 8,4% (yoy) pada Oktober 2019 menjadi 7,8% (yoy).

“Peningkatan pertumbuhan kredit terjadi pada ienis kredit investasi. Kredit investasi (KI) mengalami peningkatan dari 11,4% (yoy) menjadi 13,7% (yoy) pada November 2019 terutama pada sektor perdagangan, hotel, dan restoran (PHR) serta sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan,” kata Onny di Jakarta, kemarin.

Sementara Kredit investasi sektor PHR meningkat dari 5,9% (yoy) menjadi 10,4% (yoy) pada November 2019 terutama kredit yang disalurkan untuk subsektor perdagangan eceran makanan, minuman, atau tembakau di DKI Jakarta dan Jawa Timur. KI kepada sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan juga mengalami peningkatan, dari 6,2% (yoy) menjadi 7,8% (yoy) khususnya pada subsektor perkebunan kelapa sawit di wilayah Bengkulu dan Riau.

Namun demikian, lanjut dia, kredit modal kerja (KMK) dan kredit konsumsi (KK) tercatat menahan laju pertumbuhan kredit lebih tinggi. KMK mengalami sedikit perlambatan, dari 4,1% (yoy) pada bulan Oktober 2019 menjadi 4,0% (yoy) terutama berasal dari sektor PHR serta sektor Konstruksi. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: