Kronologi Kebakaran Di SPBU Bulu Temanggung

BNews–TEMANGGUNG-– Sebuah kebakaran melanda di lokasi pengisian bahan bakar atau SPBU di Temanggung kemarin (21/3/20201). Dimana sebuah trus suply bahan bakar terbakar saat proses pengisian.

Informasi yang dirils dari akun resmin @DamkarTemanggung, kebakaran tersebut terjadi di PBU 444.562.08 Sudikampir, Danupayan, Bulu Temanggung. Sebanyak dua unit mobil damkar dengan 5 personil diterjunkan dalam kejadian tersebut.

Dalam keterangan dalam akun tersebut, dijelaskan untuk kronologi kebakaran bermula  saat selesai proses pengisian BBM jenis Pertalite dari Tanki BBM ke Groundtank nomor 1 dan 2. Kemudian petugas tangki sedang persiapan pengisian d grountank no 3, timbul percikan api dari tangki.

Mengetahui kejadian tersebut, petugas dengan cepat langsung mencabut selang tersebut dan membawanya menjauh dari tanki BBM dan groundtank. Hal ini karena katup kompartemen di groundtank spbu dan mobil tangki sudah model otomatis saat selang dicabut katup otomatis menutup.

Oleh karena api tidak merambat ke groundtank dan tangki bbm yang dapat menimbulkan ledakan dan kebakaran besar.

Adapun api yang timbul disebabkan sisa BBM diselang mengalir ke bawah mobil dan menyebabkan bagian roda dan penutup ban terbakar. Lemudian petugas spbu mengambil apar untuk memadamkan api yang ada.

Saat petugas damkar sampai ke lokasi, api sudah dapat di padamkan. Selanjutnya petugas melakukan pendinginan tangki bbm agar tidak timbul ledakan dan kebakaran susulan.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Dan harta benda yang bisa terselamatkan mencapai kisaran Rp 1 Miliar, karena api belum membsar dan merembet. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: