Pertama Di Dunia, Kucing Ini Positif Corona Diduga Tertular Pemiliknya

BNews—BELGIA— Seekor kucing di Belgia dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Berdasarkan laporan resmi setempat, binatang peliharaan tersebut diduga terinfeksi virus korona dari majikannya.

Kucing itu dipastikan positif Covid-19 setelah menunjukkan gejala-gejala umum virus korona termasuk kesulitan bernapas. Ia dinyatakan positif seminggu setelah pemiliknya pertama kali jatuh sakit. Keterangan tersebut diumumkan para pejabat kesehatan pada konferensi pers, belum lama ini.

”Kucing itu diare, terus muntah, mengalami gangguan pencernaan dan kesulitan bernapas. Para peneliti menemukan virus di kotoran kucing,” terang Kepala penyakit menular, The Belgian Institute of Health, Steven van Gucht.

Van Gucht menjelaskan, kasus kucing positif korona diduga berawal dari sang pemilik yang tidak sengaja menularkan kepada hewan peliharannya. Meski virus korona dari manusia dapat menular ke binatang, namun belum ada bukti penelitian hewan yang positif Covid-19 menginfeksi manusia.

”Hewan bukan vektor epidemi. Jadi tidak ada bukti seekor kucing, anjing ataubinatang peliharaan apapun dapat mentransmisikan Covid-19 kepada manusia,” tegasnya.

Sebagai tambahan, peristiwa di Belgia tersebut merupakan kasus ketiga binatang terinfeksi virus korona dan yang pertama terjadi pada kucing. Sebelumnya, dua anjing di Hong Kong dikabarkan terinfeksi virus dari manusia.

Kasus pertama adalah anjing Pomeranian yang terinfeksi virus dari majikannya yang berusia 60 tahun. Anjing itu mati setelah dilepas dari karantina. Kasus kedua adalah seekor anjing German Shepherd yang positif terkena virus. Akan tetapi, anjing tersebut tidak menunjukkan gejala-gejala apapun. (han)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: