IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Kuburan China Gremeng Salam : Dikunjungi Ribuan Orang Sukses Setiap Tahun

BNews—MUNTILAN— Kompleks kuburan China di perbukitan Gremeng Salam Kabupaten Magelang diklaim sebagai pemakaman etnis terbesar di Indonesia. Pemakaman ini selalu ramai dikunjungi orang orang dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri.

Kuburan Gremeng memang sangat menonjol. Dari pinggir Jalan Magelang-Jogjakarta, makam ini Nampak begitu jelas. Berada di perbukitan setinggi 20 meter.

Jika dibandingkan dengan komplek makam yang ada di tempat lain, seperti di Soropadan, kawasan Tanah Kusir di Jakarta, di Gremeng masih yang terbesar di tanah air. Tak heran jika ribuan orang selalu datang di komplek Gremeng tiap tahunnya.

Heriyanto, salah satu warga sekitar menuturkan kawasan Gremeng sangat potensial untuk dikembangkan. Mengingat ada ribuan orang yang datang tiap tahunnya.

Mereka tidak hanya dari kota-kota besar di Indonesia. Bahkan ada juga yang datang dari luar negeri seperti Amerika, Singapura dan China.

Menurutnya, biasanya ribuan orang itu datang saat digelar ritual cengbeng atau sembahyang kubur. Ritual ini biasa digelar di Bulan April.

Para peziarah mendatangi leluhur mereka dengan memanjatkan doa kepada arwah leluhur. Warga Tionghoa juga membersihkan dan merawat bangunan makam.

Loading...

Menurut Heri, sebagian orang yang datang adalah orang orang sukses yang memiliki leluhur yang disemayamkan di Gremeng. Mereka adalah warga tionghoa yang meninggalkan Indonesia dan Muntilan saat tragedi 1998 silam. (her/wan)

.

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: