IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Kuras Mesin ATM, Warga Salaman Magelang Diciduk Polisi

BNews—SOLO—Seorang pria berinisial AM, warga Salaman Magelang harus berurusan dengan Jajaran Polsek Banjarsari Solo karena melakukan tindak pencurian. Pelaku menguras saldo rekening korban dengan modus ganjal ATM yang berada di daerah Banjarsari, pada Sabtu (29/8/2020).

Kapolsek Banjarsari Kompol Demianus Palulungan mengatakan modus mengganjal ATM untuk menguras isi saldo ATM merupakan modus  yang sudah terencana. Pelaku bersama dua rekannya berangkat dari Magelang menuju lokasi.

”Mereka memilih lokasi ATM yang ramai. AM berperan sebagai pengganjal dan berpura-pura meminta korban menghubungi call center lewat mesin ATM. Padahal call center itu palsu,” katanya, Senin (14/9/2020), dikutip dari Solopos.com.

Dia menjelaskan, modus yang dilakukan yakni pelaku AM mengintip saat korban,RDC, 17, warga Banjarsari, terlihat kesulitan mengambil uang. Kemudian pelaku masuk ke booth ATM dan seolah-olah akan membantu.

Hingga akhirnya, korban menyebutkan pin ATM miliknya kepada pelaku. Kemudian saat korban keluar dari booth ATM, hal itu dimanfaatkan oleh pelaku untuk mengambil kartu ATM yang terganjal dan menguras isi saldo rekening.

”Kalau Solo baru ini, kemungkinan besar pelaku itu penjahat lintas provinsi. Dua rekannya yakni AF dan GU kini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). Mereka berasal dari Sumatra. Korban pelaku ini banyak,” imbuh Demianus.

Unit Reskrim Polsek Banjarsari yang memperoleh informasi tersebut, kata Demianus, langsung menindaklanjuti laporan tersebut. Petugas mendatangi TKP  kemudian melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil mengamankan pelaku.

Loading...
Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Untuk mempertanggungjawabkan aksinya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP dan ancaman hukumannya tujuh tahun penjara.

Sementara itu, pelaku mengaku sudah dua kali beraksi di lokasi yang sama namun keduanya gagal. Untuk kedua rekannya yang saat ini masih dalam pencarian, dirinya mengaku baru saja berkenalan.

Pelaku mengaku bahwa aktor utama dalam aksi pencurian tersebut bukanlah dirinya melainnyak rekannya yang berinisial AF. Diketahui bahwa AF merupakan residivis kasus ganjal ATM.

”Teman saya itu residivis, baru saja bebas beberapa waktu lalu dari Surabaya. Saya belum dapat uang apa pun. Kalau dapat pasti utamanya untuk operasional. Saya baru kenal dua hari sama mereka,” kata pelaku. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: