Lautan Awan di Gunung Telomoyo Jadi Salah Satu Daya Tarik Pengunjung

BNews—MAGELANG— Jumlah pengunjung objek wisata alam Gunung Telomoyo mencapai 55 ribu orang selama bulan Agustus 2023. Hal itu disampaikan oleh pegiat wisata Telomoyo, Mul Budi Santoso pada Senin (18/9/2023).

Dia menyebut bahwa jumlah kunjungan wisatawan pada hari biasa mencapai 1.500 orang dan saat akhir pekan 6.000 orang.

”Pasca Lebaran tahun ini lonjakan pengunjung ke Telomoyo luar biasa. Salah satunya dipengaruhi oleh cuaca kemarau panjang, Telomoyo viral lagi dengan lautan awan. Sunrise dan sunset-nya juga lagi keren,” kata Budi.

Dia menyebut, lautan awan di Gunung Telomoyo menjadi primadona wisatawan. Selain itu, pengunjung gunung setinggi 1.894 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut tidak perlu jalan kaki untuk mencapai puncak.

Pengunjung bisa mengendarai sepeda motor dari loket hingga ke dekat puncak Gunung Telomoyo. Namun bagi wisatawan yang membawa mobil, hanya bisa mengendarainya sampai loket.

Meski begitu, mereka tetap bisa melanjutkan perjalanan ke puncak naik kendaraan dengan sewa jip wisata.

”Sudah disediakan jip untuk ke atas dengan pertimbangan keamanan. Kalau diizinkan semua mobil bisa ke atas, kita bayangkan ratusan mobil naik ke atas bisa crowded dan membahayakan,” ujar Budi.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Papar Budi, tarif paket wisata menggunakan jip mulai dari harga Rp400 ribu dari area parkir Telomoyo via Dalangan menuju puncak dengan durasi sekitar 2,5 jam.

”Harga tersebut di luar HTM. Jadi hanya harga jip saja. Selain itu, ada paket yang juga ke Air Terjun Sumuran. Kemudian ada paket yang sampai ke Cuntel Kopeng, bahkan kita juga melayani paket long trip Rp1,1 juta sampai ke hingga Ketep Pass dan Negeri Kahyangan. Untuk paket medium kisaran di harga Rp700 ribu,” paparnya.

Tambah Budi, wisatawan banyak dari wilayah Semarang dan Solo. Selain itu juga banyak dari Jawa Timur.

”Yang cukup meningkatkan kunjungan wisawatan ke Telomoyo ini adalah pemandangan alam. Cuacanya bagus dan ada lautan awan. Best view-nya itu sunrise sampai sekitar pukul 09.30. Kemudian sore hari, mulai pukul 16.00 sampai 18.30,” pungkasnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: