Sedekah Bumi di Puthuk Setumbu Borobudur, Ungkap Puji Syukur Warga

BNews—BOROBUDUR—Sedekah bumi di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, kembali digelar tahun ini, Senin (16/11/2020). Tradisi turun-temurun ini sebagai bentuk rasa syukur terhadapa Tuhan Yang Maha Esa.

Pantauan Borobudurnews di lokasi, acara diiringi dengan musik tradisional. Para peserta mulai dari anak-anak hingga dewasa menggunakan berbagai riasan dan atribut seperti baju tradisional.

Usai pembukaan acara yang berlokasi di taman kebun buah Dusun Kurahan, para peserta mengikuti ritual yang dipimpin oleh sesepuh dusun. Kemudian mereka jalan beriringan menuju Puthuk Setumbu.

Kepala Dusun Kurahan sekaligus Ketua Pengelola Puthuk Setumbu, Nuryazid mengungkapkan, acara sedekah bumi telah dilaksanakan rutin setiap dua tahun sekali dan tahun ini sudah yang keempat kalinya.

”Ya ini rasa bersyukur kepada Tuhan bahwa masyarakat Kurahan terutama Puthuk Setumbu telah mendapat rezekinya selama ini dan ya kita rasa bersyukurnya itu (dengan) sedekah,” kata dia, disela-sela acara, Senin (16/11/2020) pagi.

Dia menjelaskan, acara dimulai dengan ritual yang dipimpin sesepuh dusun. Kemudian para peserta menuju ke puncak Puthuk Setumbu.

”Ritual sendiri sebagai bentuk agar warga sini tetep rukun. Sementara itu, untuk kegiatan di atas (Puthuk Setumbu) mereka akan doa tahlil bersama, lalu kembul bujono megono,” jelas dia.

Loading...

Lanjut Nuryazid, acara tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dia menyebut bila acara yang sebelumnya digelar dengan mengundang banyak pihak.

”Namun karena keadaan sekarang (pandemi Covid-19) maka harus dibatasi. Yang terlibat di acara ini semuanya adalah masyarakat Dusun Kurahan saja. Meski begitu tetap semangat dan antusias,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Karangrejo M Heli Rofikun mengapresiasi dengan terselenggaranya acara tersebut. Dia menyebut rasa syukur dalam bentuk sedekah bumi itu harus ditingkatkan karena dengan keberadaan Puthuk Setumbu, ekonomi masyarakat pun meningkat.

”Dengan adanya Puthuk Setumbu, wisatawan banyak yang datang ke sini, lantas bisa meningkatkan daya ekonomi masyarakat. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Kadus, pengelola dan warga karena telah merawat Puthuk Setumbu,” pungkasnya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: