Libatkan Warga Sekitar, Borobudur Highland Diproyeksi Serap 1.800 Pekerja

BNews—JOGJAKARTA— Borobudur Highland di Kulon Progo direncanakan bakal menyedot investasi hingga Rp1,5 triliun. Kawasan wisata ini diproyeksi bisa menyerap hampir dua ribu pekerja.

”Borobudur Highland digadang-gadang bisa menyerap tidak kurang 1.800 tenaga kerja di seputar zona Borobudur Highland. Detail Engineering Design [DED] sudah jadi. Sebelum membangun kita sosialisasi terlebih dahulu ke pemerintah kabupaten,” kata Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita, Selasa (27/4).

Berdasarkan masterplan, kawasan Borobudur Highland terbagi menjadi lima distrik atau zona. Di antaranya zona gerbang masuk (the gate), zona resort eksklusif (exclusive ressort), zona wisata petualangan (adventure tourism), zona wisata budaya (cultural tourism) dan zona ekstrem (extreme tourism).

BOB telah menyeosialisasikan program Borobudur Highland tersebut ke Pemerintah Kabupaten Kulon Pogo pada, Selasa (27/4). Tujuan kegiatan sosialisasi masterplan zona Borobudur Highland oleh BOB adalah memberi informasi detail masterplan kepada pemerintah kabupaten yang berada di sekitar kawasan Borobudur Highland.

Selain untuk memberikan pemahaman detail isi dari masterplan yang menerangkan seberapa banyak daerah terpengaruh atas adanya kegiatan dari masterplan. Serta menerangkan timeline kerja yang akan dibangun oleh BOB. Kemudian, menerangkan kepada pemerintah daerah terkait efek positif dari pengembangan kawasan tersebut.

”Dalam pengembangan kawasan ini (Borobudur Highland), BOB juga terus bersinergi dengan warga di sekitar, sebab mereka yang akan menjaga lingkungan. Kami memastikan bahwa Borobudur Highland akan bermanfaat untuk warga sekitarnya,” ujar Indah.

Salah satu dampak yang paling terlihat adalah penyediaan infrastruktur mulai air, listrik, telepon dan jalan yang akan bisa ikut dimanfaatkan oleh warga. Selain itu, warga akan dilibatkan untuk pemenuhan kebutuhan pariwisata seperti penyediaan konsumsi dan kuliner.

”Hingga penampilan kesenian rakyat agar bisa tampil untuk wisatawan. Warga bisa membuat apa, jadi bisa suplai ke dalam (Borobudur Highland). Jadi, masyarakat sekitar jangan sampai hanya menjadi penonton,” harapnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: