Libur Nataru, 2 Jembatan Timbang di Sleman Bakal Jadi Rest Area

BNews—SLEMAN—Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman bakal mengalihfungsikan dua jembatan timbang menjadi tempat istirahat (rest area). Dua jembatan  timbang tersebut adalah  Jembatan Timbang Tamanmartani dan Jembatan Timbang Kalitirto.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Arip Pramana mengatakan kedua jembatan timbang tersebut ditutup dan dijadikan rest area bagi para pelaku perjalanan. ”Rest area ini bisa dimanfaatkan untuk yang masuk ke wilayah Yogyakarta maupun yang keluar Yogyakarta,” katanya, Rabu (23/12/2020). Dikutip dari Tribunjogja.com.

Dengan mengalihfungsikan jembatan timbang tersebut, kata dia, maka pihaknya akan melakukan pembatasan kendaraan, utamanya kendaraan non logistik. Sehingga nantinya kendaraan yang membawa material alam,seperti batu dan pasir tidak boleh masuk ke wilayah Yogyakarta.

”Kendaraan pribadi boleh masuk, kami utamakan yang membawa logistik dan BBM, baik gas maupun cair,” ujarnya.

Lebih lanjut, Arip menyampaikan bahwa pihaknya akan  melakukan sosialisasi kepada pelaku transportasi, agar kebijakan tersebut dapat dipatuhi. Serta berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, PMI Kabupaten Sleman, hingga Satpol PP Kabupaten Sleman.

”Sehingga nantinya bila pemudik atau wisatawan yang sakit dan beristirahat di rest area, bisa mendapatkan pengobatan,” jelasnya.

Selain rest are tersebut, Dishub Kabupaten Sleman juga menyiagakan empat posko pengamanan bersama Dishub DIY. Yang mana akan dibangun di pintu-pintu masuk wilayah DIY.

Dari empat posko tersebut, tiga diantaranya akan di pegang Dishub DIY dan satu lainnya oleh Dishub Sleman. Posko tersebut didirikan mulai tanggal 23 Desember 2020 malam.

”Untuk posko, berada di pintu masuk DIY. Karena masuknya lewat Sleman, maka poskonya di Tempel, Prambanan, Gamping. Sleman akan fokus di sekitaran Denggung. Nanti kami di Denggung mulai 23 sampai 27 Desember, dan ditambah tahun baru,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: