Libur Panjang Telah Tiba, Ini Tips Liburan Aman dan Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

BNews—NASIONAL—Pemerintah secara resmi menetapkan hari libur dan cuti nasional tahun 2020. Pada akhir bulan Oktober ini, ditetapkan beberapa hari libur nasional sekaligus cuti bersama.

Dimulai pada Rabu, 28 Oktober hingga Minggu 1 November 2020. Banyak masyarakat pun memanfaatkan hari libur untuk traveling, berkunjung ke berbagai destinasi wisata.

Namun sebelum pergi berlibur, ada baiknya kamu menyimak  beberapa tips liburan aman dan sehat ditengah kondisi pandemi Covid-19. PT Kereta Api Indonesia (KAI) membagikan tips- tips melalui akun Instagram resminya, @kai121_.

”Ada yang sudah mulai naik kereta hari ini, untuk menghabiskan long weekend di akhir bulan Oktober? Kemanapun tujuanmu nanti, Railmin udah siaapkan nih beberapa tips yang berguna saat kalian mengisi liburan long weekend nanti,” dikutip dari unggahan tersebut.

Berikut sejumlah tips untuk berlibur aman dan sehat :

Disiplin 3M

Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan adalah kunci dari upaya pencegahan penularan Covid-19. Kendati masa liburan, jangan lengah untuk selalu menerapkan 3M baik saat di kendaraan umum maupun di lokasi wisata.

Loading...

Pilih moda transportasi yang memiliki nilai tambah dalam menerapkan protokol kesehatan

Pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah membuat protokol kesehatan pada angkutan umum. Menindaklanjuti hal tersebut, Kereta Api Indonesia telah konsisten menerapkan protokol kesehatan dan mendapatkan Safe Guard Label SIBV.

Siapkan dan bawa selalu hygiene kit

Hygiene kit menjadi hal yang penting saat kamu melakukan mobilitas di masa AKB. Lengkapi hygiene kit dengan hand sanitizer, masker cadangan, sabun cuci tangan, disinfektan, tisu antiseptik, dan lain-lain.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Siapkan dokumen persyaratan perjalanan

Beberapa dokumen kesehatan wajib dibawa oleh penumpang selama masa AKB, antara lain Surat keterangan hasil rapid test atau PCR.

Sebab, tak sedikit destinasi wisata yang menerapkan aturan bagi pengunjung. Yakni sebelum memasuki lokasi wisata, harus menunjukkan hasil Rapid Test Covid-19.

PT KAI juga melayani pemeriksaan Rapid Test Covid-19 di 30 stasiun dengan harga Rp 85.000 termasuk keterangan hasil yang berlaku 14 hari.

Cari tahu protokol kesehatan, kebijakan, dan regulasi di tempat wisata

Ada baiknya kamu mencari tahu lebih dulu status zonasi tempat wisata yang akan dikunjungi. Pilih destinasi wisata dengan zona hijau untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19.

Cari tahu juga apakan tempat wisata yang akan kamu kunjungi menerapkan protokol kesehatan termasuk pembatasan jumlah pengunjung, jam operasional, hingga tata cara pembelian tiketnya.

Jaga kesehatan dengan mengonsumsi multivitamin dan makanan bergizi

Pastikan kesehatan menjadi prioritas utama.  Jangan lupa istirahat dan rajin olahraga, konsumsi makanan bergizi, serta jaga imunitas tubuh.

Staycation

Staycation memang jadi tren di kalangan wisatawan di masa pandemi. Pilihlah hotel dengan fasilitas menarik yang ada di dalam kota maupun luar kota.

Habiskan waktu liburan dengan menikmati fasilitas dari layanan hotel yang dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Staycation juga cocok untuk dilakukan sendirian maupun bersama keluarga.

Lakukan pemeriksaan kesehatan saat kembali dari liburan

Usai liburan, sebaiknya langsung melakukan pemeriksaan kesehatan lagi. Seperti Rapid Test Covid-19, serologi, Rapid Test Antigen atau PCR sebelum memulai aktivitas seperti biasanya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: