Sebulan Lebih Longsor, Akses Jalan Dan Irigasi Di Magelang Terputus

BNews–MAGELANG-– Sekitar satu bulan jalan penghubung Dusun Pule dengan Bonwage Desa Kebonsari Kecamatan Borobudur ini longsor. Selain jalan tidak bisa dilewati, material longsor ini juga menutup saluran irigasi pertanian di daerah tersebut.

Arif ahmadi ,27, salah satu warga yang mertuanya merupakan salah satu petani di Dusun Pule mengatakan keadaan akibat longsor seperti itu sudah sekitar 1 bulan.

“Untuk kejadian longsor sendiri sekitar satu bulan lalu saat curah hujan tinggi. Jalan yang longsor tesebut berada di sisi kiri irigasi,” katanya saat dihubungi Borobudurnews.com (21/12/2020).

Saat longsor tersebut, katanya materialnya menutupi sawah dibawahnya dan terperosok terus kebawah sehingga menutup saluran irigasi.

“Kalau akses jalan terputus, tetapi untuk pejalan kaki dan sepeda motor bisa lewat sisi kanan jalan setapak. Namun mobil tidak bisa lewat harus memutar lewat Balkondes Sakapitu,” imbuhnya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Saluran irigasi yang tertutup material tersebut membuat aliran air untuk persawahan terhenti. “Itu aliran air harusnya menuju daerah Borobudur (depan pasar) kembanglimus, dan wringinputih tidak mendapat pengairan,” ujarnya.

Arif juga mengungkapkan bahawa warga sekitar telah mengerjakan kerja bakti bersama. “Warga sudah ada inisiatif, yakni ditanggul menggunakan karung berisi tanah. Kemudian sisi ujung dikasih drum dengan maksud air agar mengalir meskipun kapasitasnya sedikit untuk pengairan warga Pule,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan karena saluran irigasi ini besar sudah seperti sungai disebut DAM Irigasi. “Ini jika mengalir lancar air yang ada di selokan depan pasar borobudur pasti mengalir. Tetapi udah lama disana kering tidak ada aliran juga karena disini ketutup longsor,” tegasnya.

Dengan kejadian tersebut, Arif berharap segera ada penanganan dan perbaikan dari Dinas Terkait. “Ya jika sudah diperbaiki sawah-sawah warga di sekitar Pule sampai bawah di Borobudur bisa terpenuhi lagi air pertaniannya. Dan penting lagi akses jalan penghubung Dusun Pule dan Bonwage bisa terhubung kembali,” harapnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: