Longsor di Nambangan Magelang Rusak Sebuah Rumah

BNews—MAGELANG— Hujan deras yang mengguyur Kota Magelang sejak sore kemarin, (3/2), mengakibatkan sebuah tebing longsor di Nambangan, Magelang Tengah sekitar pukul 15.30 WIB. Meski tidak ada korban jiwa namun sebuah rumah rusak akibat diterjang longsor.

Salah satu warga Nambangan, RT 6 RW 20, Dwi Safitri mengaku, hujan deras terjadi sejak sore. Tiba-tiba dari dalam rumah dirinya mendengar suara gemuruh. Suara tersebut ternyata dari tebing di atas rumahnya yang longsor.

”Material longsor merusak dinding rumah saya sebelah kiri. Saat itu saya dan keluarga di lantai atas,” terang Dwi yang bersyukur selamat dari bencana longsor, Selasa (4/2).

Petugas Damkar Heru Kurniawan menerangkan tindakan evakuasi dengan mengeluarkan tanah yang ada di dalam rumah. Dan menggeser tumpukan tanah disamping rumahnya untuk diratakan.

“Ya sementara di geser dulu tanahnya dan untuk di atas tebingnya akan dibuat saluran air dengan jarak sekitar 3 meter dari bibir tebing yang longsor,” imbuhnya.

Petugas Damkar dibantu warga membersihkan sisa material longsor, Selasa (4/2).

Ia menambahkan tebing tanahnya akan di beri tonggak bambu untuk berjaga-jaga agar tidak longsor. Evakuasi dilakukan oleh beberapa relawan dan warga sekitar.

Petugas Pemadam Kebakaran, Heru Kurniawan menerangkan, tinggi tebing yang longsor delapan meter dengan lebar sepuluh meter. Hingga kini, pihaknya dibantu relawan dan warga langsung melakukan tindakan evakuasi.

”Material tanah di dalam rumah dikeluarkan dan menggeser tumpukan tanah disamping rumahnya untuk diratakan,” terang dia.

Kata Heri, kejadian serupa pernah terjadi pada Desember 2019 lalu. Longsor sempat menerjang rumah yang berdekatan dengan rumah korban. Beruntung saat itu rumah sudah kosong dan pemilik sudah pindah. Hingga saat ini, pihaknya belum merinci estimasi kerugian materiil karena masih fokus melakukan pembersihan material longsoran.

”Untuk meengantisipasi longsor susulan, rencana di atas tebing akan dibuat saluran air dengan jarak sekitar tiga meter dari bibir tebing yang longsor,” pungkas dia. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: