Longsor Putus Jalur Magelang-Wonosobo di Kajoran

BNews—KAJORAN— Ruas jalan akses Magelang-Wonosobo sempat tertutup semalam (4/12). Pasalnya sebuah tebing longsor dan meterialnya sebagian menutup jalan tersebut.

 

Longsor terjadi di titik jalan Salaman-Wonosobo KM 13 masuk Dusun Tunggan Desa Wuwuharjo Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. “Kejadian diperkiran sekitar pukul 18.30 wib di saat cuaca masih diguyur hujan deras,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto.

Advertisements


 

Tebing dengan ketinggian 15 meter dan lebar 8 meter ini longsor karena hujan sejak pukul 13.00 wib belum reda hingga longsor terjadi. “Untuk material longsor dari tebing tersebut dengan ketebalan 2 meter dan sepanjang 10 meter menutup sebagian jalan Magelang-Wonosobo. Akibatnya kendaraan roda empat tidak bisa melintas saat itu,” imbuhnya.


 

“Meskipun kendaraan roda dua bisa melintas namun harus berhati-hati karena kondisi jalan licin akibatmaterial longsor,” tegas Edy.

 

Setelah mendapat laporan dilakukan kaji cepat oleh Satgas dan TRC BPBD Kabupaten Magelang. “Kami juga lakukan koordinasi dengan pihak Polsek Kajoran untuk membuat pengamanan  jalan, koordinasi dengan DPU PR terkait kebutuhan alat berat,” paparnya.

 

“Sementara tadi malam sudah dilakukan penanganan atau pembersihan materialongsor secara manual sementara dilakukan oleh Satgas BPBD, Relawan, POLRI dan Warga agar akses jalan sementara dapat dialui,” pungkasnya. (bsn)

Data BPBD Kabupaten Magelang, Tanggal 4 Desember 2018 terjadi 8 Kejadian Bencana di Kabupaten Magelang:
1 . Pohon Tumbang di Dusun kalitan, Desa Blondo, Kec. Mungkid.
2. Tanah Longsor di Dusun Tunggangan Desa Wuwuharjo Kec. Kajoran dampak menutup sebagian Akses Jalan Salaman – Wonosobo.
3. Tanah Longsor di Dusun Kalipucung Kulon, Desa Kalirejo mengenai dinding belakang rumah warga ( Tidak ada Kerusakan).
4. Tanah Longsor di Dusun Kalipucung Wetan, Desa Kalirejo mengenai mengenai atap bagian depan rumah warga ( Tidak ada Kerusakan).
5. Tanah Longsor di Dusun Kobar, Desa Kalirejo menutup sebagian akses jalan dusun dan matrial mengenai masjid ( Tidak ada Kerusakan).
6. Tanah Longsor di Dusun Sabrang, Desa Kalirejo mengancam rumah warga.
7. Tanah Longsor di Dusun karang Kulon, Desa Ngadiharjo, Kec. Borobudur Menutup Sebagian akses jalan.
8. Tanah Longsor di Dusun Jombor , Desa Giripurno, Kec. Borobudur Menutup akses jalan antar Desa Giripurno –Ngadiharjo.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: