Maling Honda Vario di Parkiran Mal Ditangkap di Depan SPBU

BNews—JOGJAKARTA— Dua maling sepeda motor berinisial M, 38, warga. Jetis Jogjakarta dan AB, 51, warga Bekasi ditangkap Unit Reskrim Polsek Depok Barat. Keduanya diamankan karena menggasak motor di sebuah parkiran mal kawasan Caturtunggal, Depok, Sleman.

Mereka mencuri motor dalam keadaan dikunci setang. Sementara polisi berhasil menciduk keduanya berkat rekaman CCTV di mal.

Kapolsek Depok Barat Kompol Rachmadiwanto menjelaskan, para pelaku membawa kabur motor Honda Vario milik Widianto, 26. Pencurian ini berawal saat korban memarkirkan kotor di parkiran mal. 

Dimana sekitar pukul 13.00WIB saat akan pulang, korban bermaksud mengambil motor Nopol AB 5561 FX miliknya. Namun sampai di parkiran mal, ternyata kuncinya hilang.

Setelah itu, korban pulang ke rumah untuk mengambil kunci serep. Saat korban kembali ke parkiran pukul 14.00WIB, motor sudah tidak ada di tempatnya.

Korban berusaha melakukan pencarian. Namun motor tidak ditemukan.

Setelah itu korban melaporkan pencurian yang dialami ke polisi. Mendapat laporan itu, dengan dipimpin Plh Kanit Reskrim Polsek Depok Barat Iptu Mateus Wiwit, polisi pun mendatangi TKP.

Sekitar pukul 19.30WIB, polisi mendapatkan petunjuk terkait pelaku pencurian, berdasarkan rekaman CCTV yang diperoleh dari sekuriti mal.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Tidak mau buruannya lepas, petugas lantas memburu pelaku sebelum akhirnya berhasil diamankan di depan pom bensin Sukoreno, Kulon Progo. Saat dilakukan penangkapan, pelaku langsung mengakui perbuatannya. 

”Selain mengamankan kedua pelaku, kami juga amankan barang bukti motor hasil curian,” tegasnya.

Dalam waktu bersamaan, polisi juga menangkap pelaku pencurian motor yang beraksi di Berbah, Sleman, yakni NH, 30, warga Prambanan Sleman. Sama seperti di Depok, pelaku juga diamankan oleh pihak kepolisian kurang dari 24 jam setelah aksi pencurian yang dilakukan.

Kabid Humas Polda DIJ Kombes Pol Yulianto mengatakan, pelaku saat ini mendekam di sel tahanan Polsek Berbah. Pelaku dijerat Pasal 362 KUHP tentang pencurian, ancaman hukuman lima tahun kurungan penjaran.

Dikatakan, pelaku ditangkap dengan dipimpin Kanit Reskrim Polsek Berbah Iptu Isnaini dan Panit Aiptu Samsi, pada hari yang sama saat kejadian, sekitar pukul 19.00WIB di daerah Patuk Gunungkidul. Polisi juga menyita motor sebagai barang bukti.

Dari hasil pemeriksaan, modus pelaku yakni dengan mudah mengambil motor milik korban karena kunci lupa dicabut. Menurut Kombes Yuliyanto, sekitar pukul 06.30WIB, korban memarkir motor untuk menaikkan jerami di dekat rumahnya.

Karena tali untuk mengikat jerami ada di dalam jok, korban kemudian membuka jok motor. Namun nahas korban ini lupa mengambil kuncinya. Setelah itu ditinggal sekitar sepuluh menit, saat kembali motor sudah tidak ada di tempatnya. 

Guna menghindari kejadian serupa, Kombes Yuliyanto mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat parkir sepeda motor. ”Jangan tinggalkan kunci masih tergantung di motor, meskipun hanya sebentar,” tegasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: