MANTAP !! 3 Desa Wisata Jateng Raih Juara Dari Kemenkraf, Dua Diantaranya Di Magelang

BNews-MAGELANG- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengumumkan pemenang-pemenang program Kampanye Sadar Wisata 5.0 pada Minggu (26/11/2023).

Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk memotivasi para pelaku usaha di desa wisata agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.

Program ini memiliki lima kategori pemenang. Kategori pertama adalah Kepala Desa atau Lurah Terbaik; Local Champion Terbaik, Diseminasi Sadar Wisata, Inovasi Produk dan Pemasaran, dan Kelembagaan.

Dari kelima kategori tersebut, Desa Wisata Jawa Tengah berhasil meraih 3 kategori. Desa Wisata Candirejo (Kabupaten Magelang); berhasil meraih kategori local champion terbaik yang dipimpin oleh Ahmad Mundofar Ersyidik.

Lalu Desa Wisata Bugisan (Kabupaten Klaten) meraih Juara 2 dalam kategori Diseminasi Sadar Wisata.

Sedangkan Kampung Wisata Mendut (Kabupaten Magelang) meraih Juara 3 dalam kategori Inovasi Produk dan Pemasaran.

Yuk, mari kita kenali lebih dekat ketiga Desa Wisata pemenang Kampanye Sadar Wisata 5.0 ini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

DESA WISATA CANDIREJO

Desa Wisata Candirejo adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Desa ini menawarkan berbagai atraksi dan kegiatan menarik seperti kunjungan ke home industry makanan dan kerajinan; kegiatan pertanian yang unik, menjelajahi desa dengan bersepeda atau dokar, dan menikmati pertunjukan tarian tradisional Jawa. Informasi selengkapnya dapat dihubungi melalui Instagram @candirejo.borobudur.

KAMPUNG WISATA MENDUT

Kampung Wisata Mendut terletak di Kelurahan Mendut, Kecamatan Mungkin, Kabupaten Magelang. Kampung ini menawarkan paket wisata edukasi pertanian, mulai dari proses penanaman padi hingga menjadi beras.

Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan kesenian tradisional tari topeng ireng yang dinamis.

Kampung ini juga terkenal dengan batik canting mendut yang memiliki motif khas seperti motif sungai elo progo; rambutan, kembang setaman, daun palem, dan daun bodhi. Informasi selengkapnya dapat dihubungi melalui Instagram @kampung_wisata_mendut.

DESA WISATA BUGISAN

Desa Bugisan terletak di wilayah Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, yang berbatasan dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini memiliki peninggalan sejarah berupa bangunan candi yang dikenal sebagai Candi Plaosan.

Dengan konsep peninggalan budaya, desa wisata Bugisan menawarkan pengalaman berkeliling desa menggunakan sepeda; mencoba permainan tradisional, dan melihat langsung proses pembuatan emping di usaha rumahan. Pengunjung juga dapat menikmati makan malam dengan hidangan khas desa sambil menonton pertunjukan tarian tradisional. Informasi selengkapnya dapat dihubungi melalui Instagram @desawisatabugisan.

Bagaimana? Seru dan menarik, bukan? Jawa Tengah memiliki banyak pilihan destinasi wisata, mulai dari alam, budaya, hingga kuliner. Semuanya dapat menciptakan kenangan yang berkesan. Yuk, ajak keluarga dan sahabat untuk berlibur akhir tahun ke Desa Wisata ini. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: