MANTAP…Gapura di Pakis Juara Festival Gapura Cinta Negeri Presiden Jokowi

BNews—PAKIS— Festival Gapura Cinta Negeri yang diselenggarakan oleh Presiden RI Joko Widodo sudah mengumumkan sepuluh pemenang. Dari sepuluh pemenang itu salah satunya berasal dari Kabupaten Magelang.

Ya, Gapura itu ada di Dusun Gejayan, Desa Banyusidi Kecamatan Pakis. Kreasi seniman lima gunung Riyadi. Gapura bertemakan bahan-bahan sisa pertanian itu berhasil menyisihkan ribuan partisipan.

Riyadi mengatakan gapura ini dibangun dengan tinggi lima meter dan lebar tujuh meter. Dipasang di jalan masuk Dusun Gejayan Desa Banyusidi. “Kita swadaya, gotong royong mengumpulkan bahan-bahan sisa-sisa panen pertanian seperti dedauan, ranting dan lain sebagainya.

“Ini salah satu cara untuk mengampanyekan cinta lingkungan serta memaksimalkan potensi tanpa ketergantungan bahan-bahan dari luar wilayah,” tutur Seniman Lima Gunung Ini.

Sekjen Kementrian Dalam Negeri Hadi Prabowo mengatakan selama lomba diumumkan ada 1.793 partisipan telah berpartisipasi mengikuti acara ini dengan rincian 1.456 partisipan pada kategori umum dan 337 partisipan pada kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi.

Dari 1.793 partisipan yang mendaftar di website www.gapuracintanegeri.com, kemudian diseleksi menjadi 10 pemenang pada kategori umum, dan 3 pemenang dalam kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi.

Setelah ini foto gapura seluruh finalis akan diumumkan di media sosial Gapura Cinta Negeri untuk mendapatkan juara favorit yang akan dipilih oleh netizen. Kriteria yang digunakan dalam menentukan finalis-finalis tersebut adalah estetika dan nilai seni, kreativitas produksi, gotong royong, dan relevansi pada tema.

Selain kreasi Riyadi dari Gejayan Pakis, Sembilan pemenang lain adalah Sriyanta dari Kabupaten Boyolali, Eko Siswanto dari Kota Semarang, Moh. Nurrohman dari Kabupaten Rembang, Roni Sintiu dari Kota Batu, Otniel Kayani dari Kabupaten Kepulauan Yapen, Dede Rahmat dari Kabupaten Bandung Barat, Arief Rahman dari Kota Banjarmasin, Ramsyah, ST dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Mahgodie Idris dari Kota Palembang, dan Riyadi dari Kabupaten Magelang.

Dari kategori pemenang tersebut, baik 10 kategori nantinya akan dipilih satu oleh Presiden Jokowi. Satu lainnya dipilih oleh nitizen. “Presiden akan menetapkan satu untuk piala bergilir yang terbaik dan Pemenang lomba akan diundang ke Istana Negara untuk bertemu Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi),” kata dia. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: