IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

MANTAP JIWA…Pemuda Lulusan SMK ini Ciptakan Tangan Robot Untuk Ibunya

BNews—NASIONAL— Seorang pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah mendadak terkenal setelah video dirinya menciptakan robot viral di media sosial Twitter. Agung Budi Wibowo, Warga Desa Kledungkaran Dalem, Kecamatan Banyuurip itu berhasil membuat tangan robotik mini yang digunakan ibundanya untuk berjualan cilor goreng.

Dalam video berdurasi 2 menit 18 detik itu pertama kali diunggah akun bernama @lantip. Dalam video tersebut, Agung memperagakan proses akhir pembuatan tangan robotik mini.

Informasi yang berhasil dihimpun, pemuda kreatif itu menciptakan tangan robotik karena sang ibu memiliki gangguan pengelihatan. Sehingga kesulitaan saat menuangkan adonan ke wajan penggorengan.

Diketahui, tangan robotik hasil karya lulusan SMK Negeri 1 Purworejo itu berbahan akrilik. Yang berfungsi menuangkan adonan telur ke dalam wajan dengan presisi yang cukup baik.

Alat tersebut dibuat dengan menggunakan sistem robotik, yakni menanam memori yang dihubungkan dengan motor penggerak. Memori diprogram untuk menyedot dan menuangkan adonan ke dalam 12 cekungan pada wajan penggoreng.

Dalam prosesnya, Agung hanya membutuhkan waktu tiga hari untuk merakit hingga proses kalibrasi alat itu. Hasil kreasi Agung Budhi tersebut pun mendapat pujian beberapa netizen. Seperti yang dicuitkan akun @lantip.

Loading...

”Alumni SMKN 1 Purworejo angkatan 2019, mbikin lengan robot untuk ibunya yang pedagang penganan, pakai arduino. Hanya 3 hari untuk kalibrasi antara sedotan adonan telur ke penempatan tetesan tiap ceruk di loyang. Keren Mas Agung Budi Wibowo!

Nuwun @sandalian sudah ditag,” tulisnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Sementara itu, akun @dabgetupp yang me-reply cuitan @lantip menyatakan kekaguman atas kemampuan Agung Budi. Ia diduga mampu mengerjakan tangan robotik tersebut seorang diri.

”Ngitung x,y, suction varicam, sama integrasi motor step, stroke juga kudu detail. Wah wangun iki, dikerjaanku pake kawasaki robotics meh mirip konsep. Nglumpukke cah ngene ki cacahe puluhan we wis wani ngisi pasar cilik2an, njaluk tulung sapa ya?” cuitnya.

Hingga berita ini ditulis, video bertajuk ”Pemuda Super Kreatif, Ibunya Dibuatkan Tangan Robot” telah ditonton 86 ribu kali dalam tempo waktu kurang dari delapan jam. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: