Masifkan Kampanye Gempur Rokok Ilegal, Satpol PP Kabupaten Magelang Gelar Sosialisasi

BNews—MAGELANG— Dalam rangka meningkatkan wawasan dan kepedulian masyarakat tentang bahaya peredaran rokok ilegal, Satpol PP Kabupaten Magelang menggelar sosialisasi. Yang mana bertajuk sosialisasi ketentuan dibidang cukai gempur rokok ilegal dan pembentukan duta pelopor cukai.

Sosialisasi ini digelar di 10 kecamatan, salah satunya bagi warga Kecamatan Ngluwar. Yang mana dilaksanakan di Kaliputih Resto, Magelang pada Rabu (17/11/2021).

Kabid Gakda Satpol PP Kabupaten Magelang Jazim Ilyas mengungkapkan bahwa dalam pemberantasan cukai ilegal tahun 2020, pihaknya dengan instansi terkait melakukan monitoring dan pengumpulan informasi. Tentang hasil tembakau yang tidak dilekati/menggunakan pita cukai yang beredar di masyarakat.

”Kegiatan dilaksanakan di pasar pemerintah, pasar tradisional. Dan pasar yang berdekatan dengan kabupaten tetangga yang ada di wilayah Kabupaten Magelang,” ungkapnya, dalam paparan materi.

Di menyebut, kegiatan tersebut dirangkaikan dengan sosialisasi larangan peredaran cukai ilegal. Berupa pemasangan baliho, spanduk, stiker dan pembagian panflet langsung kepada masyarakat yang ada di pasar.

”Sosialisasi juga berupa pengumuman keliling ke pusat-pusat keramaian dan sekolah-sekolah. Pada tahun 2021 ini, Binwas langsung ke pasar, toko kelontong di wilayah Kabupaten Magelang. Dan sosialisasi ketentuan bidang cukai melalui sosialisasi yang dilakukan seperti sekarang ini,” ujar Jazim.

Sementara itu, Pelaksana Pemeriksa Bea Cukai Magelang Syarofina Adilla memaparkan jenis-jenis rokok ilegal. Seperti rokok polos tanpa pita cukai, pita cukai tidak sesuai, pita cukai palsu, pita cukai bekas dan pita cukai salah peruntukkan.

”Ciri umum rokok ilegal, seperti merek rokok tidak dikenal, tidak ada nama pabrik rokok, merek mirip dengan rokok resmi dan dijual dengan harga murah. Ada juga rokok dengan bungkus yang menyerupai bungkus rokok resmi,” papar dia. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: