Masih Kesulitan Dapat Subsidi Listrik, Ini Cara Mudahnya

BNews–NASIONAL– Banyak masyarakat pengguna listrik PLN prabayar yang masih bingung mendapatkan subsidi. Dimana mereka kesulitan mendapatkan token listrik.

Sebagaimana diketahui PT PLN (Persero) menggratiskan listrik bagi pelanggan daya 450 VA serta diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA. Subsidi tersebut guna meringankan dampak ekonomi dari virus corona (Covid-19). Kebijakan listrik gratis 3 bulan atau listrik gratis PLN ( PLN token gratis) berlaku untuk bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Bagi pelanggan PLN listrik prabayar, layanan gratis dan diskon listrik bisa didapatkan dengan dua langkah mudah. Yakni lewat situs web www.pln.co.id dan WhatsApp ke nomor 08122-123-123.

Berikut cara mendapatkan token listrik gratis via website PLN atau PLN online untuk bulan Mei 2020 seperti dikutip dari keterangan resmi PLN, Selasa (2/5/2020).

  1. Pelanggan dapat mengakses website resmi pln di pln.co.id online ( layanan PLN.co.id)
  2. Pilih menu ‘pelanggan’, klik opsi ‘Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)’
  3. Masukan ID pelanggan atau nomor meteran pada kolom pencarian & identitas pelanggan yang tampil pada layar
  4. Jangan lupa isi kode captcha di kolom “Masukkan kata disamping
  5. Klik tombol “Cari”
  6. Token listrik gratis akan tampil pada kolom keterangan
  7. Token gratis listrik berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter
website untuk dapat subsidi token listrik
website untuk dapat subsidi token listrik

Kompensasi listrik gratis atau diskon diterima pelanggan dalam bentuk token yang akan diberikan setiap bulan pada bulan April, Mei, dan Juni 2020. Lalu, berikut cara mendapatkan token listrik gratis lewat WhatsApp:

  1. Hubungi PLN via WhatsApp melalui nomor 08122123123
  2.  Pelanggan dapat memulai perbincangan dengan mengetik keyword “Listrik Gratis” atai bisa mengetikan nomor ID pelanggan.  
  3. Masukan id pelanggan atau nomor meter sesuai dengan petunjuk yang muncul pada layar
  4. Token listrik gratis akan tampil di layar
  5. Token listrik gratis berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter.
Cara dapatkan token listruk subsidi melalui whastApp
Cara dapatkan token listruk subsidi melalui whastApp
Perhitungan diskon gratis listrik PLN

Perhitungan listrik gratis PLN pada pelanggan 450 VA pascabayar yakni rekening listrik gratis (biaya pemakaian dan biaya beban) untuk periode rekening bulan April, Mei, dan Juni 2020. Pada pelanggan 450 VA pra bayar, setiap bulannya diberikan pulsa listrik gratis dengan jumlah kWh sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir (Desember 2019 – Februari 2020) untuk periode pembelian token bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Untuk perhitungan diskon 50 persen bagi pelanggan listrik 900 VA subsidi.

Untuk pelanggan pascabayar, diskon 50 persen langsung dipotong pada tagihan pelanggan yang meliputi biaya pemakaian dan biaya beban untuk periode April-Juni. Sementara untuk prabayar, perhitungan diskon yang diterima pelanggan 900 VA subsidi yakni setiap bulannya diberikan token listrik gratis PLN dengan jumlah kWh sebesar 50 persen dari pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir (Desember 2019-Februari 2020) untuk periode pembelian bulan April, Mei, dan Juni 2020. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: