Masih Siaga, Pemkab Magelang Kembali Perpanjang Status Tanggap Darurat Gunung Merapi

BNews—MAGELANG—Pemerintah Kabbupaten (Pemkab) Magelang kembali memperpanjang status tanggap darurat bencana Gunung Merapi. Langkah itu diambil berdasarkan laporan aktivitas Gunung Merapi dari BPPTKG periode 27 Desember 2020 pukul 00.00-24.00 WIB bahwa masih berstatus siaga.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Bupati Magelang Nomor :180.182/444/KEP/46/2020 tentang perpanjangan status tanggap darurat bencana gunung merapi. Dalam surat itu, menjelaskan bahwa perpanjangan selama 15 hari terhitung mulai tanggal 1 Januari 2021 hingga 15 Januari 2021.

Selain dari laporan aktivitas Gunung Merapi oleh BPPTKG, keputusan perpanjangan status tanggap darurat itu juga untuk penanganan dampak yang ditimbulkan sebagai akibat peningkatan status Gunung Merapi.

”Perlu melalukan perpanjangan status tanggap darurat bencana Gunung Merapi,” tulisan dalam surat keputusan tersebut.

Kemudian pemerintah daerah dan masyarakat diimbau agar segera mengambil langkah-langkah tanggap darurat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Sedangkan segala biaya yang timbul akibat ditetapkannya keputusan tersebut dibebankan pada APBD Kabupaten Magelang, APBD Provinsi Jateng, APBN dan sumber dana lain yang sah dan tidak mengikat.

Sebagai informasi, tanggap darurat bencana Gunung Merapi pertama kali berlaku pada 6 November hingga 30 November. Kemudian perpanjangan pada 1 Desember sampai 14 Desember 2020. Selanjutnya 15 Desember sampai 31 Desember 2020, dan yang terbaru pada 1-15 Januari 2021. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: