Masjid Agung Jawa Tengah Di Mungkid Diprediksi Selesai 2023

BNews–MUNGKID– Setelah desain Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Mungkid diperoleh, persiapan selanjutnya terus dilakukan. Pembangunannya diprediksi akan selesai tahun 2023.

Kepala Bappeda Kabupaten Magelang Sugiyono, mengatakan Itu nanti multiyears selesainya. “Kalau tidak salah tahun 2022-2023 selesai,” katanya (18/6/2020).

Perlu diketahu, proyek pembangunan MAJT di Mungkid ini akan menelan anggaran Rp 400 miliar. Lokasi tepatnya berada di Masjid An-Nur samping Komplek Pemkab Magelang.

Lokasi masjid tersebut dipadukan dengan tanah milik Pemkab Magelang dan Pemprov Jawa Tengah. ”Pemkab sekitar 1,6 hektare. Pemprov sekitar 3,4 hektare,” jelasnya.

Sugiyano mengaku hingga saat ini sejumlah lahan telah dibebaskan. Pembebasan tanah dari pemkab sudah selesai.

”Masih ada tersisa itu akan diselesaikan provinsi. Kami akan membantu,” ungkapnya.

Pembangunan MAJT merupakan bagian dari program Kota Mungkid sebagai pusat pemerintahan dan kebudayaan. Masjid ini nantinya sebagai pusat keislaman di Kabupaten Magelang.

Loading...

“Kita butuh kegiatan keagamaan yang representatif,” jelasnya.

Selain itu, masjid ini menjadi bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Candi Borobudur. Sebagai salah satu destinasi wisata superprioritas, wilayah Borobudur memerlukan masjid yang representatif.

Oleh karena itu, kebutuhan keagamaan bagi wisatawan muslim terfasilitasi. “Tidak hanya untuk kegiatan ritual tapi juga sosial, ekonomi, bahkan wisata. Dari sisi spiritual juga. Nanti ketika wisatawan ke Borobudur mampir di sini,” pungkasnya. (*/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: